MAGETAN, JAWA TIMUR,  Puskesmas Tladan Kecamatan Kawedanan menggelar acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang bertempat di ruang pertemuan UPTD Puskesmas Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur Selasa (17/9/2019).

 

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Kawedanan yang diwakili oleh Kasubag Kepegawaian Siti Chamdiyah , Danramil 10/Kawedanan Kapten Caj Jemani , Kepala UPTD Puskesmas Tladan Drg Elli Irma Koenherlina, Kepala Desa sewilayah kerja Puskesmas Tladan, Staf Puskesmas Tladan serta kader kesehatan dari Desa Tladan.

 

Pada kesempatan tersebut Kasubag Kepegawaian Kecamatan Kawedanan Siti Chamdiyah, menyampaikan pembangunan kesehatan dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat serta dilaksanakan secara bersama-sama secara lintas sektoral. Misalnya dengan bekerjasama dengan semua komponen masyarakat. Selain itu Kasubag Kepegawaian juga menyampaikan bahwa untuk anak usia dini lebih ditekankan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Sementara itu Kepala Puskesmas Tladan Drg Eni Ema Kurnia menuturkan lokakarya mini lintas sektoral merupakan kegiatan rutin yang terus diagendakan di Puskesmas Tladan dengan tujuan mendapatkan dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. Disamping itu Drg Eni juga memaparkan tentang kegiatan dan perencanaan program Puskesmas pada tahun-tahun mendatang.

 

Danramil 10 Kawedanan, Kodim 0804/Magetan, mengatakan, Tujuan diselengarakannya Lokakarya Mini lintas sektoral ini adalah untuk menggalang kerjasama lintas sektoral di luar bidang kesehatan, sehingga program kesehatan yang akan berjalan di tahun 2019 dapat dikoordinasikan dengan baik kepada sektor lainnya.

 

“Hal ini akan berdampak pada pencapaian derajat kesehatan masyarakat menjadi meningkat yang tentunya juga akan meningkatkan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa Tladan yang pada tahun sebelumnya masih kedepan bisa meningkat,” imbuhnya.

 

Dari hasil pelaksanaan Lokakarya Mini didapatkan satu kesepakatan untuk lebih meningkatkan peran masyarakat dalam program kesehatan, melalui adanya Lokakarya Mini ini membuat masyarakat  menjadi sehat dan mandiri, peran kader dimaksimalkan di tiap-tiap dusun serta peran petugas kesehatan untuk senantiasa sebagai pengayom masyarakat tak henti-hentinya menyalurkan informasi kesehatan dan membina para kader di masing-masing dusun (tsr)

Tinggalkan Balasan