Magetan – Pelda Budi Bati Komsos Koramil 0804-13/ Bendo memberikan Pelatihan Dasar Kepemimpinan kepada calon pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) baru Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magetan. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan. Latihan tersebut digelar sekaligus melaksanakan Kemah di Lapangan Desa Pingkuk Kecamatan Bendo. (Sabtu, 07/09)

Latihan Dasar Kepemimpinan merupakan tahapan pertama dan  merupakan syarat yang harus dilalui oleh para siswa-siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa-siswi harus terlebih dahulu mengikutinya. Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar dimasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat. Semua siswa harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan dan apabila ada yang melanggar harus mendapat sangsi. Pelatihan LDK ini bukan hanya ditingkat SMP dan SMA namun beberapa Universitas juga menyelenggarakannya.

Pelda Budi mengatakan dalam melaksanakan tugas kepengurusan, diperlukan adanya pembinaan atau latihan dasar untuk para pengurus OSIS agar mereka paham tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban. Dalam latihan ini selain dilatih kemampuan fisik juga diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang bijaksana. Siswa diharapkan mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas guna menggapai cita-cita mereka dimasa depan.

“Anda merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, karena itu kita harus mendidiknya dengan baik, memberikan pendidikan yang terbaik dalam rangka menyiapkan kalian menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa. Latihan Dasar Kepemimpinan mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Kepramukaan. Latihan ini bertujuan untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian dan keteladanan kepada para siswa”. Imbuh Pelda Budi. (R13)

Tinggalkan Balasan