Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Kerik Koramil 0804/11 Takeran Sertu Sujarmanto melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas kurang lebih 0,5 hektare dalam rangka percepatan tanam berikutnya. Aksi bajak sawah dengan peralatan hand traktor itu dilakukan di lahan sawah milik Kariadi yang terletak di Desa Kerik, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Rabu. (04/09/19).

Kegiatan pengolahan tanah sawah dilaksanakan oleh Babinsa Desa Kerik bekerja sama dengan PPL Dinas Pertanian Kecamatan Takeran dipimpin bapak Subardi terjun ke area persawahan untuk membantu dan memberi contoh cara pengolahan lahan sawah yang akan ditanami padi.

Pengolahan menggunakan hand traktor adalah cara pengolahan lahan pertanian yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami padi, karena dengan sistim traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan berlumpur.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman, ujar Sertu Sujarmanto. (made-11 ).

Tinggalkan Balasan