Magetan Jawa Timur. Dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter ) terpadu dan peringatan Hari jadi Kab. Magetan ke-344 serta  HUT TNI ke-74 tahun 2019, Kodim 0804/Magetan berkolaborasi bersama Pemkab Magetan melaksanakan kegiatan Lampah Budaya tapa Bisu dan Macapat di Pendopo Surya Graha Magetan, dengan mengambil tema “Memperdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat Dan Kondisi Juang Yang Tangguh” Kamis(24/10/2019)

 Kegiatan Lampah Budaya tapa Bisu dan Macapat ini turut dihadiri Drs. H. KRT Gondho Kusumo Utusan Kraton  Yogyakarta Hadiningrat. Kegiatan yang juga  dihadiri oleh ratusan peserta ini diawali dengan pembacaan ayat Suci Al Quran, sambutan dilanjutkan acara inti yaitu  macapat dan Lampah Tapa Bisu.

 Semetara itu pelaksanaan Lampah Tapa Bisu mengambil rute Start Pendopo Surya Graha jalan Basuki Rahmat Barat – Jalan MH Tamrin – Jalan Merapi – Jalan Kawi – Jalan Kelud – Jalan  Jaksa Agung suprapto – Jalan Basuki Rahmad Timur dan finish kembali ke Pendopo Surya Graha Magetan.

KRT Gondho Kusumo dalam sambutannya merasa bangga dengan Kab. Magetan sudah melestarikan kebudayaan jawa yang sudah jarang dilakukan, yang perlu di garis bawahi dalam acara ini, bahwa kegiatan ini dimotori oleh TNI  (Kodim 0804/Magetan)yang nyata masih sangat perduli dengan adat jawa.

Menurutnya kegiatan ini diharapkan akan membawa keberkahan dan membawa keselamatan bangsa Indonesia khususnya untuk keselamatan masyarakat Kab. Magetan. “terangnya”

Sementara itu Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE menuturkan kegiatan Macapat ini sangat positif dikarenakan bisa menunjukkan budaya asli jawa kepada para generasi muda, sebab itu kegiatan ini sangatlah penting dalam melestarikan budaya jawa di Kab Magetan.

Tidak kalah penting kegiatan tersebut  merupakan prosesi yang dimaknai sebagai bentuk perenungan diri berupa tirakat atau lelaku. Sekaligus berdoa untuk Magetan maupun Indonesia ke depan yang lebih baik  dan menciptakan serta memelihara kerukunan antar masyarakat di Kab. Magetan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. “terangnya”

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penyematan PIN Tanda Kehormatan dari Perwakilan Keraton Yogyakarta kepada Forkopimda dan penyerahan Plakat cindera Mata baik dari Kabupaten maupun dari Kodim 0804/magetan. (0804)

Tinggalkan Balasan