Magetan, Jelang musim penghujan yang sebentar lagi tiba Pemerintah Desa Pelem Kec.Karangrejo Kab.Magetan bersama komponen masyarakat membersihkan saluran irigasi sungai di sepanjang Desa Pelem.

Kegiatan kerja bhakti yang di mulai sejak pagi hari yang di dukung oleh anggota Koramil 0804/07 Karangrejo,Polsek Karangrejo,anggota Linmas juga masrakat yang antusias membantunya.

Kepala Desa Pelem,Bpk Eko Didik Prihandono, SH mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan tenaga baik dari Koramil 07/Karangrejo,Polsek Karangrejo serta masyarakat yang bahu membahu melaksanakan pembersihan kali di sepanjang Desa Pelem ini.Tujuannya mengembalikan fungsi utama kali yaitu mengembalikan fungsi utama kali sebagai sumber air dan untuk menjaga ekosistem lingkungan agar tetap bersih dan bebas penyakit, uraiannya.

Dia menambahkan, tumpukan sampah yang dibuang ke sungai tidak hanya menyumbat aliran air tetapi bisa menimbulkan berbagai penyakit. Sebab sedikit tapi lama-lama semakin banyak dan menyumbat arus sungai. “Sehingga saat musim hujan, debit air meningkat sementara sungai tersumbat sehingga tidak mampu menampung luapan air akhirnya banjir,” jelasnya

Untuk membersihkan sungai yang kotor mungkin bukan hal yang sulit, tetapi yang sulit itu nantinya adalah menjaga agar sungai tersebut tetap bersih” hal itu dikatakan Serka Supriono  disela sela istirahat setelah melaksanakan kegiatan , “perlu adanya kesadaran dari warga untuk menjag agar sungai tetap bersih, dengan cara tidak buang sampah sembarangan,kegiatan ini juga sebagai sarana kebersamaan, kedekatan dalam meningkatkan komunikasi sosial Babinsa dengan Warga binaannya,tambahnya

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo saat di hubungi terpisah mengatakan, Karya bhakti membersihkan kali si sepanjang kali Desa Pelem ini merupakan kegiatan yang teintergrasi antara Koramil,Polsek,ASN,Pemerintah Desa,juga  masyarakat sekitar untuk menciptakan lingkungan yang indah, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak untuk selalu di jaga dan di upayakan tetap di laksanakan agar tercipta lingkungan yang sehat.

Kegiatan yang di laksanakan oleh anggotanya ini salah satu wujud nyata sekaligus penguatan paradigma Kemanunggalan TNI-Rakyat. Hal tersebut sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya membantu masyarakat dan pemerintah daerah.Jelas Kapten Inf Arif W.

Sementara itu salah satu masyarakat Bpk.Suwito 60 Th berterima kasih atas pembersihan kali yang di laksanakan bersama sama baik dari Koramil dan Polsek, kali yang sebelumnya banyak sampah plastik,botol botol minuman kaleng,sampah rumah tangga dalam sekejap sudah bersih dan air mengalir lancar,sehingga tidak lagi menimbulkan bau yang tidak enak.

Kegiatan resik resik kali di akhiri dengan sarapan bersama sama yang sudah di siapkan oleh Pemerintah Desa Pelem.(R/07)

Tinggalkan Balasan