MAGETAN JAWA TIMUR. Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kodusif  Badan Kesatuan Kebangsaan Dan Politik Kab. Magetan mengelar pembekalan kewaspadaan dini dan rakor terpadu penanganan konflik  sosial yang digelar di Hotel Imelda Magetan, kegiatan ini  dibuka langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. Msi. Rabu(2/10/2019)

Dalam arahannya Bupati Magetan mengungkapkan Pembekalan Tim Kewaspadaan Dini pemerintah Daerah dan Rakor Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, hal ini sangat penting guna menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kab. Magetan.

Potensi konflik di Magetan sangat kecil namun hal ini, perlu menjadi kewaspadaan,  kita harus memahami tugas masing-masing dan dapat segera deteksi dini terhadap potensi konflik  yang ada sehingga dapat dilakukan pencegahan secara dini. “ungkapnya”

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi, keterpaduan serta sinergisitas antar seluruh unsur Aparatur Pemerintah yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial khususnya dalam melakukan langkah-langkah penanganan konflik sosial. “imbuhnya”

Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Muji wahno selaku pemberi Materi menjelaskan  Indonesia mempunyai jumlah Penduduk yang besar dan beragam suku, agama, ras dan budaya sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang rawan konflik. Media sosial banyak mempengaruhi tata kehidupan sosial, gunakan media sosial secara bijak, hindari berita berita  hoax yang dapat merugikan berbagai pihak.

Salah satu pencegahan konflik  yaitu dengan cara melakukan analisa dan pemetaan agar dapat dilakukan pencegahan dan tindakan yang tepat serta melaksanakan  penyuluhan yang bertujuan untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya upaya pencegahan dan penanganan konflik,sehingga konflik tidak terjadi di masyarakat dan dapat ditekan seminimal mungkin. “terangnya” (0804)

Tinggalkan Balasan