Magetan – Sebagai salah satu upaya mengembangkan batik khas Kabupaten Magetan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengelar Lomba Fashion Batik Khas Magetan antar organisasi perangkat daerah dengan menampilkan Fashion Show dari Desainer  Ulfa Mumtaza  dan  Fashion Show dari Hello Griya Rias.  Kegiatan yang dilaksanakan  di Pendopo Surya Graha Jl. Basuki Rahmat Selatan No. 1 Kab Magetan dan dihadiri  oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H.Suprawoto. SH. MSi, beserta jajaran Forkopimda Magetan. Rabu malam (9/10/2019)

Menurut Kepala  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Magetan Drs.  Fenly Tomi  Nicolas, SH. MM, tujuan  lomba Fashion batik khas magetan adalah untuk memperkenalkan berbagai  motif  batik khas magetan dan merubah image bahwa batik pring sedapur tidak hanya dipergunakan untuk seragam ASN akan tetapi  batik pring sedapur  lebih dikenal masyarakat secara luas bahkan dunia. “terangnya”

Bupati Magetan Suprawoto menuturkan Magetan mempunyai batik khas yang terkenal dari Ds. Sidokmukti dengan sebutan batik Pring sedapur karena motifnya berbentuk Pring (Bambu), seiring berjalannya waktu di Kab. Magetan juga ada batik khas Magetan yang dinamakan batik Ciprat yang dibuat oleh warga difabel yang berada di Ds. Simbatan Kec. Nguntoronadi.

Maka untuk memperingati hari batik nasional dan mengangkat ekonomi kerakyatan di Kab Magetan utamanya pengrajin batik pada momen yang digabung dengan acara memperingati hari jadi Ke-344 Kab Magetan maka pada malam ini yang bekerja sama dinas pariwisata dan kebudayaan Kab Magetan mengadakan lomba fashion batik khas Magetan antar organisasi perangkat daerah, dengan harapan batik khas Magetan bisa dikenal tidak hanya di Kab Magetan tetapi bisa terkenal di seluruh Nusantara. “ungkap Bupati Magetan”

Melalui Lomba Fashion Batik Khas Magetan ini, Kodim 0804 yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Muji Wahono sangat mendukung kegiatan ini  untuk menumbuh kembangkan industri ekonomi  kreatif khususnya  kerajinan batik pring sedapur sidokmukti untuk mengangkat ekonomi kerakyatan di Kab. Magetan.

Tinggalkan Balasan