MAGETAN,  Di era globalisasi sekarang ini kita dapat melihat peranan pemuda Indonesia dalam membangun bangsa dinilai sangat kurang. Sedangkan perkembangan dunia saat ini begitu pesat diiringi perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak dengan cepat mempengaruhi pola pikir manusia bahkan gaya hidup dalam kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan ini yang juga sangat berpengaruh besar pada generasi muda. Oleh sebab itu harus ada upaya yang dilakukan khususnya bagi generasi muda bagaimana kita menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman wawasan kebangsaan yang baik sehingga generasi muda memiliki daya tangkal yang baik terhadap segala sesuatu yang mengganggu stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danramil 0804-13/ Bendo Kapten Inf Sarpan beserta anggota datang kesekolah-sekolah untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada para pelajar yang ada diwilayah Kecamatan Bendo. Hari ini (Jumat, 11/10) giliran siswa-siswi kelas X dari SMK Negeri 1 Bendo untuk mendapat materi wawasan kebangsaan dari Danramil 0804-13/ Bendo. Pemberian wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk menangkal pengaruh faham yang mengarah pada tindakan radikalisme dan terorisme pada anak-anak serta menangkal budaya barat yang masuk secara bebas didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kapten Inf Sarpan mengatakan bahwa perkembangan wawasan kebangsaan yang dimiliki anak-anak bangsa sudah mulai luntur dan apabila dibiarkan dapat dipastikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini akan terpecah-belah dan pada akhirnya akan memudahkan kekuatan asing menguasai wilayah Indonesia seperti yang terjadi pada jaman penjajahan. Untuk itu, wawasan kebangsaan perlu terus ditingkatkan bagi kalangan generasi muda di seluruh tanah air. Sehingga generasi muda dan masyarakat Indonesia, tidak mudah terpengaruh oleh gerakan-gerakan kelompok radikal dan terorisme serta anak-anak jangan sampai terjerumus pada kenakalan remaja.

“Para pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa, kenali, sayangi, lestarikan adat istiadat budayamu menuju generasi yang kokoh berwawasan kebangsaan serta berakhlak mulia agar ibu pertiwi tersenyum melihat dirimu. Generasi muda merupakan generasi penerus yang ekstensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat, bangsa dan negara kedepan. Untuk itu generasi muda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing masing. Sebagai generasi muda harus bisa mewujudkan cita cita dan tujuan nasional dengan memiliki modal sebagai agen perubahan dan agen pengawas sosial dalam masyarakat. Generasi muda yang karakter dan mempunyai jati diri yang kuat harus ditanamkan ke generasi muda supaya tidak mudah di adu domba demi tegaknya NKRI”. Imbuh Kapten Inf Sarpan. (R13)

Tinggalkan Balasan