Magetan Jawa timur. Dalam Saka Wira Kartika ada lima macam Krida yang perlu diketahui khususnya anggota Saka Wira Kartika binaan Koramil 0808/08 Barat, kali ini kakak-kakak senior dan pembina Koramil 0804/08 memberikan pelatihan kepada anggota Saka Wira Kartika dengan materi Mountaineering, bertempat di Makoramil 0804/08 Barat, Minggu (13/10/2019).

Menurut kakak pembina dari Koramil 0804/08 Barat, Serma Suroto mengemukakan, Mountaineering yakni Krida yang mempelajari tentang cara melintasi suatu kondisi alam dimana kita berada, misalnya pegunungan, perbukitan ataupun tebing, mountainering juga dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan gunung.

Tujuan dari latihan ini adalah sebagai wadah pembinaan karakter dan jati diri melalui metode belajar dan berlatih bagi anggota Pramuka Saka Wira Kartika kususnya binaan Koramil 0804/08 Barat. Latihan Pramuka yang rutin dilakukan setiap hari Minggu ini dengan materi yang berbeda dan untuk hari ini, Senior Saka memberikan materi krida Mountenering, terang Serma Suroto.

Lebih lanjut, kegiatan Kepramukaan merupakan sarana menyiapkan kader generasi muda yang tangguh, berwawasan kebangsaan, berkepribadian soliditas dan penuh solidaritas serta memiliki kompetensi sebagai jawaban tantangan pembangunan bangsa.

Dengan menanamkan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada generasi muda sejak dini, rasa cinta tanah air dan nasionalisme akan terpatri melekat dalam jiwa dan raganya. Mereka ini sebagai calon penerus yang akan memimpin bangsa dengan amanah, santun, mensejahterakan rakyat serta tegas dalam mempertahankan harga diri dan kedaulatan bangsa Indonesia, tandasnya.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, para peserta dengan antusiasnya mengikuti pembinaan dan pelatihan Saka Wira Kartika dengan materi mountenering yang di berikan oleh pembina. Sedangkan jumlah anggota Saka Wira Kartika binaan Koramil 0804/08 Barat sebanyak kurang lebih 160 orang.(R.08)

Tinggalkan Balasan