Magetan – Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban  lingkungan desa dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat,dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa” ujar Kepala Desa Taji Bpk. Burhanuddin Arifin.

Babinsa Koramil 07/Karas Serka Edy Wiyono melaksanakan Pembinaan Pertahanan Wilayah dengan kegiatan pembinaan dan Pelatihan anggota Linmas Periode Siap Tahun  2019 di halaman Desa Taji Kec. Karas.Praktek lapangan dipimpin oleh Babinsa desa Taji Kec. Karas Kab. Magetan Serka Edy Wiyono. Kegiatan tersebut bertujuan mendidik dan melatih disiplin para Linmas tersebut sehingga anggota Linmas dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam Penanaman Disiplin Dan Semangat Bela Negara” Ungkapnya.

Serka Edy Wiyono menyampaikan Materi dilapangan meliputi Latihan Dasar Baris-berbaris bertujuan untuk meningkatkan disiplin, pembinaan mental, jiwa korsa/kebersamaan kepada rekan sesama Linmas serta Loyalitas yang tinggi atas Perintah Atasan, Tertanam juga Jiwa Patriotisme Cinta Terhadap Bangsa Dan Tanah Air” tambahnya.

Kepala linmas mengucapkan banyak trimakasih kepada Babinsa Serka Edy Wiyono yang telah melatih linmas dengan penuh semangat dan kegiatan bisa berjalan tertib dan lancar” tuturnya.

Di tempat terpisah Komandan koramil 0804/07 Kapten Inf Arif W mengungkapkan bahwa pelatihan anggota Linmas secara terpadu yang di pelopori Babinsa adalah suatu kehormatan dan kepercayaan dari lembaga desa terhadap TNI,  untuk itu ke depan Koramil 07 Siap selalu bila di perlukan sewaktu waktu untuk melatih,  karena di antara tugas pokok TNI adalah mempersiapkan bala darat dalam perlawanan rakyat semesta,  “Tegasnya”.  (R. 07 )

Tinggalkan Balasan