Magetan Jawa Timur. Komandan Rayon Militer 0804/01 Magetan Kapten Infi Suparlan ikuti kegiatan Gladhen Ageng Jemparingan Piala Bupati Magetan Tahun 2019 dalam  rangka memperingati HUT Kab.Magetan ke 344 tahun 2019 bertempat di Lapangan Desa Candirejo Kecamatan Magetan Kabuparen Magetan. Minggu ( 17/11/19 )

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI (Bupati Magetan),Drs.Venly Tomy Nicolas,SH,MH (Ka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Magetan), Toha Mahmudi, S.H.I (Ketua Jemparingan Kab. Magetan ),Asisten dan Staf Ahli Kab.Magetan,Peserta Jemparingan perwakilan dari  Provinsi  Jatim, Jateng dan  Daerah Istimewa  Jogyakarta.

Acara ini dibuka secara simbolis oleh Dr Drs Suprawoto SH. MSI Bupati Magetan  dilaksanakan di Lapangan Sarlondo Desa Candirejo Kecamatan Magetan dan diikuti partisipan dari kelompok panahan yang berasal dari daerah provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Ketua panitia lomba Toha mengatakan “Tujuan dari terlaksananya lomba ini adalah untuk melestarikan salah satu olahraga tradisional Indonesia khususnya Jawa dan untuk mewadahi para atlet yang memang mempunyai talenta khusus di bidang ini,” ungkapnya

Olahraga ini memiliki keunikan tersendiri di mana para pesertanya diwajibkan untuk menggunakan pakaian tradisional khas Jawa dan harus memanah sambil duduk bersila. Setiap pemanah dibekali dengan 4 anak panah untuk satu kali tembakan, atau disebut juga sebagai 1 Rambahan dan dalam lomba ini para peserta harus melakukan 80 kali tembakan atau sebanyak 20 rambahan.

“Olahraga jemparingan ini semakin lama semakin berkembang p eminatnya, dan kita memang berkomitmen untuk tetap menyelenggarakannya di Kabupaten Magetan. Setiap peserta selain mendapatkan poin juga akan diberikan bingkisan dari panitia,” ungkap Toha Mahmudi S. H. I ketua jemparingan kabupaten Magetan.

Poin tertinggi sebesar 3 diberikan kepada peserta yang berhasil menembak anak panah sampai mengenai bagian sasaran yang berwarna merah. Sedangkan poin sebesar 1 akan diberikan kepada peserta yang mengenai bagian sasaran berwarna putih.

Kapten Infanteri Suparlan sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba jemparingan ini. Ia mengatakan “Saya sangat mendukung Kabupaten Magetan bisa menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik. Ini adalah yang pertama kalinya saya mengikuti perlombaan dan saya berharap ke depannya semoga lomba ini semakin banyak peminat, terutama untuk anak-anak muda,” ujar Danramil 01 Magetan.

“Olahraga ini harus terus dilestarikan karena ini merupakan sebuah warisan bangsa yang sangat luar biasa. Semoga akan semakin banyak yang tertarik untuk mengembangkan olahraga ini dan mau menjadi penyelenggara,” pungkas Kapten Infanteri Suparlan.( R 01 )

Tinggalkan Balasan