Magetan – Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W berkumpul di balai Desa Botok bersama dinas Lingkungan Hidup dan aparat pemerintahan desa Botok serta warga masyarakat dalam rangka rencana pembangunan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah di bawah pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kab.Magetan yang berada di desa Botok kecamatan Karas. Selasa (24/12/2019)

Aparat Komando kewilayahan terus membantu Pemerintah melakukan upaya pendekatan kepada masyarakat Desa Botok Kecamatan Karas. Pendekatan tersebut dilakukan, agar masyarakat desa setempat memberi ruang untuk merealisasikan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah .Sebab, secara kajian lokasi TPA di Desa Botok jauh dari pemukiman dan tidak mengganggu aktivitas warga desa Botok.

Camat Karas Suwito AP. M. Si mengatakan, sosialisasi untuk meyakinkan masyarakat sudah dilakukan pemerintah daerah yang diwaliki Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Asisten Daerah, konsultan lingkungan, pegiat lingkungan, dan pihak investor.

“Kami dari pihak kecamatan hanya memfasilitasi pemerintah daerah dengan masyarakat, dalam rangka sosialisasi mengenai konsep tempat pembuangan sampah terpadu (TPST). Pemahaman disampaikan kepada warga, supaya bisa mengerti bahwa sampah ini nantinya tidak hanya ditumpuk, tapi dikelola dan dijadikan energi terbarukan,” ujar Bpk. Suwito.

Danramil Kapten Inf Arif W juga mengungkapkan Tempat pembuangan akhir (disingkat TPA) adalah tempat untuk menimbun sampah dan merupakan bentuk tertua perlakuan sampah.

TPA dapat berbentuk tempat pembuangan dalam (di mana pembuang sampah membawa sampah di tempat produksi) begitupun tempat yang digunakan oleh produsen. Dahulu, TPA merupakan cara paling umum untuk limbah buangan  terorganisir dan tetap begitu di sejumlah tempat di dunia.

Danramil berharap kepada aparat terkait dan komponen masyarakat  dengan adanya pembangunan TPA nantinya tidak timbul permasalahan dalam hal ganti untung lahan atau permasalahan lainnya. Pungkasnya.

Kepala Desa Botok mengucapkan banyak terimakasih kepada Danramil Kapten Inf Arif W yang telah mendukung dan menambah wawasan supaya desa Botok ini bisa menjadi lebih terjaga keamanannya,kebersihannya dan kerapiannya. Pungkasnya. (R 07)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.