Magetan. Babinsa Desa Bangsri Serda Ali Mustopa dan 2 orang Babinsa turut serta menjaga, merawat dan melestarikan peninggalan sejarah di Desa Bangsri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Selasa ( 10/12/2019 )

Babinsa Desa Bangsri bersama Petugas peneliti benda purbakala dari Trowulan Kabupaten Mojokerto ke Desa Bangsri,untuk melakukan penelitian mengenai peninggalan benda – benda bersejarah yang ada di Ds. Bangsri.

Dari hasil penelitian Babinsa dan petugas ahli benda – benda bersejarah menyimpulkan bahwa berupa Patung Ganesa, Batu Gong dan Batu Ilir Adalah benda – benda bersejarah yang harus di jaga dan di lindungi keberadaanya.

Patung biasanya terbuat dari batu. Pada zaman dulu orang membuat patung untuk mengenang orang penting yang sudah meninggal. Ada pula patung yang merupakan perwujudan dari para dewa di ajaran Hindu-Budha. Contoh patung adalah Patung Ken Dedes atau Prajna Paramita, Patung Roro Jonggrang di Candi Prambanan, dan Patung Dewa Syiwa.untuk di Desa Bangsri berwujud patung Ganesa. Tutur Serda Ali Mustopa.

Babinsa Desa Bangsri juga menjelaskan. Keberadaan benda – benda bersejarah itu sendiri menurut masyarakat yang berada di sekitar lokasi sudah di ketahui puluhan tahun yang lalu. Dan dulu juga sudah  pernah di laksanakan penelitian dari petugas ahli benda – benda bersejarah dari Museum Trowulan Kabupaten Mojokerto. “pungkas Serda Ali Mustopa”. (R 01)

Tinggalkan Balasan