Magetan. Danramil 10/Kawedanan yang diwakili oleh Bati Tuud Koramil 10 Kawedanan Serma Suwanto memberikan materi wasbang dan pembekalan kepada linmas dalam rangka meningkatkan disiplin dan menumbuhkan jiwa patriotisme Linmas Desa Giripurno.  Peran Linmas dalam keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat , menjadi topik utama dalam memberikan wawasan kepada sat linmas Desa Giripurno. Selasa ,(10/12/2019).

Hadir dalam pembinaan dan pelatihan sat linmas Desa Bogem antara lain Camat Kawedanan Bpk Samsi Hidayat , Danramil Kawedanan yang di wakili oleh Bati Tuud Serma Suwanto , Kapolsek Kawedanan yang diwakili oleh Aiptu Salim , Pjs Kepala Desa Giripurno Bpk H Rochmadin , Babinsa Giripurno Serka Wagimun , Babinkamtibmas Aiptu Anjar dan Sat Linmas Desa Giripurno jumlah 31 orang.

Danramil 10 Kawedanan yang diwakili oleh Bati Tuud menjelaskan , bahwa Tujuan pembinaan dan pelatihan linmas guna membentuk karakter tanggung jawab moral terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Pembinaan dan pelatihan Linmas tersebut, lebih difokuskan pada materi baris berbaris secara singkat dan pembinaan mental serta wawasan kebangsaan.

Lebih lanjut Bati Tuud Kawedanan , menjelaskan tentang tugas Linmas, diantaranya membantu dalam penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi, membantu keamanan, ketentraman  dan ketertiban masyarakat dan membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam keadaan tidak terjadi bencana, lanjut Danramil, Linmas dapat diberikan tugas membantu aparat pemerintah dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu/Pemilukada.

Pada kesempatan yang sama, Babinsa dan Babinkamtibmas juga memberikan Latihan Dasar PBB untuk melatih fisik dan sikap para peserta. Adapun tujuan pelatihan agar tetap sehat dan mempunyai disiplin yang baik sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam kehidupan sehari hari. (R10)

Tinggalkan Balasan