Magetan. Hadroh selalu menyemarakkan acara-acara Islam seperti peringatan Maulid Nabi, tabligh akbar, perayaan tahun baru hijriyah, dan peringatan hari-hari besar Islam lainnya. Saat ini hadroh juga merupakan salah satu kesenian islami yang banyak digandrungi masyarakat di Magetan, khususnya di kalangan remaja. Rabu(8/1/2020)

Tak ketinggalan Kodim 0804/Magetan juga turut menjaga kelestarian seni islami ini dengan membentuk tim hadroh dan rutin melaksanakan latihan setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mengasah ketrampilan anggota dalam memainkan alat musik rebana. Jika dilakukan dengan kompak Irama tabuhan rebana ini akan menghasilkan suara yang merdu dan khas membuat lantunan sholawat yang diiringinya menjadi terasa syahdu dan menggetarkan jiwa.

Tak heran jika kesenian hadroh ini merupakan salah satu kesenian yang selalu dinantikan baik di kalangan tua maupun muda.

Lettu Inf Sunaryo selaku koordinator Tim hadroh Kodim 0804/Magetan mengatakan untuk melestarikan Hadroh agar tetap bertahan melawan arus modernisasi, khususnya di Kab. Magetan, adalah dengan cara membentuk suatu Tim Hadroh. Harapannya, “melalui wadah ini para pemuda-pemudi khususnya Prajurit kodim 0804/Magetan akan  menyukai seni Hadroh dan  dapat mengembangkan kreasinya” tuturnya. (Pen0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.