Magetan. Tugas dan fungsi Satlinmas menurut Permendagri No. 84/2014 yaitu membantu penanganan Bencana, membantu memelihara keamanan,  ketentraman dan ketertibmas masyarakat,  membantu membina masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. Fungsi Satlinmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

Dihadapkan tugas dan fungsi satlinmas  yang begitu komplek maka perlu diadakan kegiatan pelatihan linmas guna untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan yang ada sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsi satlinmas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab.

Oleh karena itu  pentingnya peningkatan kemampuan dan ketrampilan Satlinmas pemerintah desa Belotan mengadakan pelatihan Satlinmas dimana kegiatan dilaksanakan di Balaidesa Belotan pukul 08.30 wib sampai dengan selesai. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Trantib Kecamatan Bendo Bpk.Suparno,Kepala Desa Belotan Bpk. Sukadi, Babinsa desa Belotan Serka Joniar dan Babinkamtibmas desa Belotan Bripka Agung serta menghadirkan seluruh anggota Satlinmas desa Belotan.(Kamis, 16/01/20)

Dalam kesempatan ini Babinsa dan Babinktibmas memberikan latihan di lapangan berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dengan tujuan untuk membentuk fisik dan mental kita agar sehat dan terlatih serta membentuk disiplin, jiwa korsa, kebersamaan dan saling menghargai.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa dan Babinkamtibmas yg telah memberikan latihan PBB, dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam menjalankan tugas dam fungsi satlinmas dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional, “Ujar Kades Belotan Sukadi”.

Ditempat terpisah Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan mengatakan dengan diadakannya pelatihan satlinmas ini diharapkan para anggota Linmas Desa Belotan mengerti akan tugas dan fungsi sebagai satlinmas dan diharapkan juga dengan kegiatan ini bisa menambah kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, serta diharapkan Babinsa,  Babinkamtibmas dan Satlinmas harus saling bekerjasama, bersinergi dalam membantu pemerintah desa  dalam hal mengatasi segala permasalahan-permasalahan yang ada di wilayahnya. (R13)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.