Magetan. Upaya untuk melakukan penghijauan terus dilakukan. Kali ini Pemerintah Kabupaten Magetan bersama Kodim 0804/Magetan dan jajaran OPD, Relawan, Pelajar serta Masyarakat, melaksanakan gerakan penanaman bersama bibit penghijauan di Sumber Air Dawuhan Desa Trosono, Kec.Parang, Kab. Magetan. Jum’at(7/2/2020)

Secara simbolis Bupati Magetan didampingi Dandim 0804/Magetan dan Ketua DPRD Magetan,  Perwakilan Lanud Iswahjudi serta Kepala OPD melakukan penanaman pohon diareal yang masuk kawasan Lereng Gunung Blego tersebut.

Lebih dari 1800 bibit pohon ditanam dilokasi tersebut diantaranya pohon beringin, pohon keras dan pohon produktif lainnya. Diharapkan dengan penghijauan ini lahan dihutan desa Trosono ini dapat memperbaiki kualitas air tanah, mengurangi polusi udara dan pemanasan global serta sejumlah manfaat lainnya.

Bupati Suprawoto dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Magetan banyak sekali masalah yang terulang dan terus Menerus yaitu Krisis Air di daerah Magetan Selatan. Salah satu solusi jangka panjangnya yaitu dengan melaksanakan Penghijauan. Dan ini harus terus dilakukan demi masa depan anak-anak kita nanti.

Ini adalah pembelajaran untuk kita semua. Hari ini menanam pohon, 10 tahun lagi akan kita lihat hasilnya. Setelah ditanam dilihat dirawat dan mudah-mudahan pohon beringin yg ditanam bisa hidup dengan baik. Bupati juga mengajak kepada warga setempat untuk turut menjaga pohon yang sudah ditanam. “tutur Bupati Magetan”

Hal senada juga dikatakan Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE,  penanaman pohon ini merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam gerakan penghijauan. “Ini merupakan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah guna menghentikan erosi, menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan ruang hijau serta mencegah terjadinya bencana banjir,” kata Dandim.

Kerjasama semua pihak diperlukan untuk mengawasi dan merawat tanaman ini. Agar bisa tumbuh kembang dengan baik, tidak ada yang merusak bibit pohon yang sudah kita tanam ini, Diharapkan dengan adanya penanaman pohon ini mampu mencegah terjadinya longsor dan mengurangi dampak bencana yang merugikan masyarakat. (Pen0804)

.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.