Magetan Jatim Kompas adalah alat yang umumnya digunakan oleh militer dan pramuka  untuk menentukan atau  menunjukkan arah yang bekerja berdasarkan  gaya medan magnet.

Puluhan anggota Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 08 Barat Kodim 0804/Magetan siang hari mengadakan kegiatan latihan yang dipandu oleh Serma Suroto Selaku Pembina dan pelatih Saka Wira Kartika Sabtu 22/02/2020.

Materi  Kompas Siang dan Kompas malam diberikan oleh Serma Suroto kepada anggota Saka Wira Kartika di Desa Bogoarum Kec Plaosan Kab Magetan Jatim.

Suatu cara yang digunakan untuk menentukan arah/menuju sasaran yang telah di tentukan pada siang hari merupakan pengertian Kompas  Siang adalah. Jelas Serma Suroto.

Selain perlu diperhatikan langkah-langkah penggunaan kompas siang dimulai dari  Buka tutup kompas hingga berdiri tegak, Letakkan/angkat prisma ke atas kaca kompas, Masukan ibu jari ke dalam cincin kompas dan luruskan telujuk ke depan sehingga rapat pada bagian tutup kompas dengan maksud agar pada waktu kompas dibidikkan tidak bergerak, Dari tiang bidikan kedua kaki rapat/sikap sempurna dan menghadap penuh ke sasaran, Bawa kompas ke depan mata dan langsung membidik, mata yang tidak membidik dipejamkan, Lihat standar melalui prisma, Luruskan garis rambut pada tutup kompas dengan sasaran, Baca garis-garis/angka derajat dalam kompas melalui prisma yang sejajar dengan garis rambut pada kaca kompas dan sasaran, Itulah sudut yang di maksud. Pungkas Suroto.

Pada kesempatan ini Serma Suroto selaku pembina Saka Wira Kartika Koramil 0804/08 Barat memberikan materi kompas siang dan kompas malam. Kompas adalah alat yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin. Anggota Pramuka Penegak setidaknya harus mengetahui dan bisa mempraktekan bagaimana cara kinerjanya Kompas. Dengan mengetahui dan bisa menggunakan kompas dengan benar, maka kemungkinan akan tersesat menjadi semakin kecil. Penting sebenarnya bagi Pramuka saat kegiatan di alam bebas, tetapi banyak yang belum menggunakannya.

Selain pengenalan penggunaan Kompas, peserta kegiatan Kemah Bantara juga diberi kesempatan untuk mencoba menggunakan atau mempraktekan kompas siang dan malam hari secara bergantian, papar Serma Suroto.

Kegiatan seperti ini juga merupakan salah bentuk usaha pembinaan dan pengembangan bela negara, yang sangat berguna bagi calon-calon penerus bangsa yang masih duduk di bangku SMA.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam latihan pramuka antara lain, Siswa akan terbiasa memiliki sikap dan prilaku disiplin dalam kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah, siswa akan terlatih kesabarannya, memiliki sifat yang jujur dan berani berbuat sesuatu yang benar. (gty)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.