Gapoktan Lumbung Makmur Desa Bibis membuktikan Eksistensinya di tengah Masyarakat Desa Bibis  dengan mengadakan Acara Rapat Anggota Tahunan Gapokton Lumbung Makmur  Tahun 2019 di Aula Balai Bibis Kec Sukomoro Kab Magetan  (04/03/20)  yang di isi dengan laporan pertanggung jawaban pengurus tersebut di ikuti oleh 40 anggota Gapoktan. Selain pengurus dan anggota Gapoktan, hadir pula Kepala Desa Bibis, Kepala BPD, Tim Teknis Program PUAP Kabupaten magetan  Heru wahyudi, PPL, Serta Babinsa Koramil  9 Sukomoro Sertu Basuki .

 

Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Lumbung makmur Desa Bibis Kecamatan Sukomoro Kabupaten magetan, Jawa Timur mengadakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT, Kamis (05/03/20)  di  Pendopo Seno aji Selain dihadiri para anggota, RAT juga dihadiri oleh Tim Teknis Program PUAP Kabupaten magetan  bpk Heru wahyudi serta Camat Sukomoro selaku Ketua Tim Teknis PUAP Kecamatan Sukomoro bapak Irianto ST.

 

Dalam sambutanya Kepala Desa Bibis bpk Sudarman, mengucapkan trimakasih  selaku Ketua Gapoktan bersama anggota yang terdiri dari PPL Pendamping Desa Bibis, karena berkat kerjasama dari semua elemen yang terkait Gapoktan Lumbung Makmur bisa lebih baik, Tampak hadir pula seluruh Ketua Kelompok Tani se-Desa Bibis

 

Pada kesempatan ini, Ketua Gapoktan Lumbung makmur Bpk Sudarman melaporkan  bahwa progam pengajuan pengadaan sumur P2T sampai saat ini belum terelisiasikan sebab sumur P2T  ini sangat diharapkan oleh warga untuk paska musim kemarau.Selain itu bpk sudarman menyampaikan juga  bahwa Gapoktan yang dia pimpin ± 10 tahun berjalan melaksanakan Program PUAP. “Dan Alhamdulillah bisa berjalan lancar,

 

Dia berharap kedepan semua Poktan yang ada di Desa Bibis bisa bergabung dalam Gapoktan Lumbung makmur“Kami selama ini sangat transparan dalam pengelolaan dana PUAP karena perlu diketahui bahwa semua dana ada di Bank seperti bukti yang kami lampirkan dalam buku LPJ dari semua transaksi selama ini,” terangnya.

Bpk Sudarman juga mengucapkan terima kasih atas semua bimbingan dan arahan dari Tim Teknis PUAP Kecamatan sukomoro maupun Kabupaten magetan. Juga kami sampaikan terima kasih atas segala bimbingan dari PPL, BPK dan Kepala Desa sangat bermanfaat bagi kelangsungan Gapoktan ini,” tandasnya.

 

Sementara itu Bpk Irianto,dalam sambutanya ini menyampaikan bahwa akhir – akhir ini banyak kekurangan pupuk,maka jatah pupuk untuk kelompok- kelompok tani se Indonesia bahkan maka kami mengharapkan para petani jangan terlalu dipikir karena dari pemerintah sudah merapatkan hal itu. selain itu juga menyampaikan bahwa pengadaan sumur itu sekarang masih dalam proses di kabupaten,…tegasnya.

 

Dalam hal ini mungkin kelengkapan pengurus bisa dilengkapi lagi dan jenis usaha Gapoktan ke depan bisa ditambah lagi agar makin maju,” harap Bpk Irianto.

 

Lettu Inf  Sunaryo Danramil 0804/09 sukomoro selalu menghimbau para Babinsa agar selalu aktif merangkul para petaninya sebagai mitra dan melaksanakan pendampingan dengan PPL agar petani selalu termotivasi dengan keberadaan Babinsa.

 

Bpk Camat juga mengapresiasi Gapoktan Lumbung Makmur yang mampu mengelola PUAP dengan baik walaupun masih butuh pembenahan dalam pelaksanaannya. “Setiap anggota harus handarbeni serta ikut bertanggung jawab kepada maju mundurnya Gapoktan di Desa Bibis.

 

Pihaknya juga berharap ada penambahan modal dari anggota agar makin berkembang. “Selain itu ke depannya Gapoktan Lumbung Makmur harus mampu mencukupi kebutuhan anggota sehingga unit usaha harus ditambah biar lebih dirasakan manfaat adanya Gapoktan ini,” pintanya.

 

Selain melakukan usaha jasa simpan pinjam, juga harus bisa berinovasi untuk pengembangan usaha – usaha di bidang lainya yang bisa mensejahterakan anggota poktan khususnya warga ds bibis. (R 09).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.