MAGETAN JATIM – Pendampingan upaya khusus (Upsus) swasembada pangan berupa kegiatan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman berlangsung di areal pertanian wilayah Dusun Joketro Desa Joketro Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, (02/03/2020)

 

Kegiatan yang dikemas dalam Gerakan Pengendalian (GERDAL) Xanthomonas SP Pada Tanaman Padi diselenggarakan Kelompok Tani Maju Dusun Joketro Desa Joketro, mendapat pendampingan dari PPL setempat dan Babinsa Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan, Kopka Supriyanto.

 

Gerakan Pengendalian Tanaman Padi di lahan masyarakat Joketro, melalui penyemprotan secara masal dimaksudkan untuk mengendalikan dan memberantas penyakit hawar daun yang disebabkan bakteri (xanthomonas) dan wereng yang mulai menyerang tanaman padi.

 

Di tempat berbeda Danramil 0804/04 Parang Kapten Inf Gunawan saat dikonfirmasi, membenarkan adanya kegiatan penyemprotan masal tanaman Padi di Desa Joketro yang mendapat pendampingan dari PPL dan Babinsa.

 

Masih lanjut Danramil, terjunnya PPL dan Babinsa untuk mengetahui secara langsung kendala – kendala yang dihadapai petani sekaligus memberikan solusi guna mengatasi berjangkitnya hama atau penyakit pada tanaman padi agar tidak berkembang meluas ke areal lainnya, ungkapnya.

 

Kondisi ini membutuhkan penanganan serius dan harus segera diatasi guna menjaga pertumbuhan tanaman padi lebih optimal sehingga petani tidak merugi saat masa panen tiba, pungkas Danramil.(R 04)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.