Magetan Jatim Komandan Koramil  01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kapten Infanteri Suparlan menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Kecamatan ( RAKORCA ) tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan Virus corona,covid -19.Bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Magetan yang dihadiri 25 orang Minggu ( 22/03/2020 )

 

Kegiatan Rakorca dihadiri oleh Camat Magetan Tri Admadi S.Sos,Dan ramil 0804/01 Kapten inf Suparlan,Kaposek Magetan AKP. Iin Pelangi,Sekcam Magetan Dian Maheru Robbi W.S.STP.Msi, Kepala Puskesmas  Dr.Diana Etikawati,Kepala KUA Magetan Bpk.Bani Arosid,Kepala desa Sekecamatan Magetan,Staf Kecamatan Magetan.

 

Virus corona menimbulkan kepanikan hampir di seantero dunia. Betapa tidak, virus anyar tersebut telah merenggut puluhan nyawa. Untuk menanganinya, beberapa cara pencegahan virus corona bisa dilakukan.

 

Virus corona sendiri termasuk dalam keluarga besar virus sejenis seperti yang menyebabkan MERS-CoV dan SARS-CoV. Umumnya, sirkulasi peredaran terjadi di antara hewan. Namun, enam jenis di antaranya bisa menyerang manusia, termasuk di antaranya corona.

 

Dalam sambutannya, Danramil 01 Magetan intinya menjelaskan tentang cara menghindari ataupun mencegah supaya tidak terkena virus corana sebagai berikut

 

  1. Membersihkan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik.

 

  1. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan alkohol 70-80% hand rub.

 

  1. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ketika memiliki gejala saluran pernafasan, gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

 

Sedangkan jika  hendak melakukan perjalanan ke lokasi yang sudah ditemukan kasus virus corona jenis terbaru ini, maka sebaiknya melakukan beberapa pencegahan sebagai berikut:

 

  1. Hindari menyentuh hewan atau burung.

 

  1. Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan, atau pasar hewan hidup.

 

3.Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernafasan.

 

  1. Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

 

  1. Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di daerah outbreak terutama demam atau batuk, gunakan masker dan segera kunjungi layanan kesehatan terdekat.

 

  1. Setelah kembali dari daerah out break, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain. Jangan lupa untuk menginformasikan ke dokter soal riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.pungkas Kapten Infanteri Suparlan. ( R 01 )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.