Magetan. Sebagai wujud pembinaan mitra karib dalam rangka pencapaian keberhasilan tugas pokok TNI salah satunya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta  melalui pembinaan teritorial.

Oleh sebab itu Kodim 0804/Magetan mengelar Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan I TA 2020, yang dibuka langsung oleh Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Edy Sunarko S.Sos, di aula Koramil 0804/01 Magetan, diikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat lainnya. Kamis(12/3/2020)

Pembinaan teritorial ini dalam penerapannya dilaksanakan dalam bentuk pembinaan mitra karib atau yang dikenal dengan jaring teritorial sebagai kepanjangan tangan aparat Komando Kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya.   Ini semua dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram dan dinamis serta terpeliharanya kondusifitas wilayah untuk mendukung  berlangsungnya pembangunan di daerah.

Dikatakan Mayor Inf Edy Sunarko, dengan kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada mitra karib agar supaya dapat membantu Babinsa di lapangan guna deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap permasalahan yang mungkin terjadi, ”ungkapnya”.

Mayor Inf Edy Sunarko berharap kepada mitra karib jaring teritorial agar dapat berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan Babinsa. Untuk itu, kepada mitra karib yang menjadi Jaring para Babinsa yang berada di wilayah, diharapkan bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama guna mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif.

Pentingnya pembinaan peta jarak jaring teritorial ini adalah untuk membantu TNI AD sebagai alat pertahanan negara, yaitu menegakkan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. “tandasnya” (Dim0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.