MAGETAN JATIM  Rapat koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat yang ada dikecamatan Poncol guna mengantisipasi warga yang pulang kampung saat lebaran diperlukan guna mendeteksi masuknya virus Covid – 19 yang dibawa pemudik saat pulang kampung. Sebagaimana diketahui persiapan tempat dimasing-masing desa sudah ada, tinggal mengatur mekanisme yang jadi pedoman saat mengisolasi warga yang mudik ke kampung halamannya. Hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah, butuh koordinasi satu sama yang lain sehingga tujuan utama menetralisir masuknya virus baru dapat tercapai dengan baik. Dalam rapat koordinasi ini hadir Danramil 0804/05 Poncol, Waka Polsek poncol, Camat Poncol bapak sarengat, dan seluruh kepala desa /  kelurahan  kecamatan Poncol.

Dalam rakor tersebut dibahas hal tehnis pelaksanaan isolasi bagi pemudik yang datang dari luar kecamatan Poncol. Tentu suatu pekerjaan yang sangat sulit berkaitan dengan keinginan warga yang ingin bertemu dengan keluarga yang sudah sekian lama tidak ketemu. Problematika pastilah muncul karena mereka harus menunggu sekian hari diruang isolasi. Hal inilah yang harus disepakati bersama agar tidak menimbulkan permasalahan ditengah masyarakat yang saat ini protektif terhadap penularan wabah Penyakit Corona. Proteksi yang berlebihan dimasyarakat sangatlah rentan akan masalah ketika tidak menyadari akan maksud dan tujuannya. Himbauan untuk tidak mudik belum tentu ditaat semua warga yang saat ini merantau diluar daerah atau mancanegara.

Danramil 0804/05 Poncol Kapten Inf Suwarno  dalam hal ini mengingatkan kepada kepala desa selaku pemimpin tertinggi Didesa untuk bertindak aktif dan bijaksana dalam mengambil langkah-langkah guna menyambut hadirnya warga dari luar daerah. Proteksi sangat diperlukan akan tetapi harus dengan cara cara yang dapat dipahami mereka. Pemberian informasi awal kepada keluarga sangatlah penting agar tidak terjadi kesalahpahaman antara warga dengan pimpinanya. Pak kepala desa harus bisa mengkombinasikan aparatnya mulai dari RT/RW dan perangkat desa serta dibantu tokoh toga yang ada didesa.

Dengan koordinasi yang baik diharapkan dapat membantu meringankan beban kepala desa dalam memikul tanggung jawab yang berat demi keselamatan warganya. Dan diharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat yang ada didesa untuk dapat memposisikan saudara saudaranya secara baik.(R 05)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.