Magetan. Tidak bisa dipungkiri lagi peran aktif para aparat kewilayahan dalam membantu mensukseskan berbagai  program desa yang menjadi wilayah binaanya. Tanggung jawab yang dibeban kepundaknya harus dilaksanakan dengan sepenuh hati. Bukan sekedar foto dalam laporan bukti kerja keras para aparat kewilayahan, tapi bukti nyata manfaat yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Para Babinsa juga tidak butuh penilaian atau penghargaan dari manapun tapi mereka tulus ikhlas melaksanakan perintah sesuai yang diberikan oleh komando atas kepadanya.

Bertepatan  hari Senin tanggal 20 April 2020 pukul 08.00 Babinsa Sombo Koramil 0804/05 Serda Hartono melaksanakan kegiatan didesanya yaitu musyawarah desa dalam rangka membahas  bantuan tunai langsung ( BLT ). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada warga kurang mampu yang secara langsung terdampak wabah Corona. Pembahasan ini harus dimusyawarahkan dan mengundang berbagai pihak yang ada di desa Sombo kecamatan Poncol. Salah satu yang tidak ketinggalan dalam undang tersebut adalah Babinsa Sombo Serda Hartono. Peran beliau ini sudah diakui segenap pemerintahan desa Sombo dalam berbagai kegiatan yang ada didesanya.

Dalam hal ini Serda Hartono menyampaikan ide dan gagasanya dalam penyaluran BLT yang terdampak langsung Covid-19. Pemberian bantuan harus benar-benar adil dan merata bagi nantinya yang mendapatkan bantuan sesuai kreteria yang menjadi ketentuan. Sebagaimana diketahui bahwa pemberian BLT terdampak Covid-19 tidak sama dengan Bantuan pangan non tunai yang sudah berjalan setiap tahun anggaran.

Hal inilah yang menjadi permasalahan ketika nantinya keputusan musyawarah tidak bisa mengakomodir berbagai elemen yang ada di desa Sombo. Kemungkinan terjadinya permasalahan baru akan muncul ketika bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat luas. Peran aktif perangkat desa,  RT/RW dan dibantu Babinsa serta babinkamtibmas sangatlah dominan bahkan bisa dikatakan sebagai ujung tombaknya. Serda Hartono yang merupakan anggota Koramil 0804/05 Poncol menyatakan kesiapannya untuk bersama-sama aparat desa Sombo untuk membantu pendataan secara mendetail sehingga diharapkan bantuan benar-benar diberikan sesuai sasaran yaitu  masyarakat kurang mampu di Desa Sombo. (red/05)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.