Magetan Poncol – Danramil 0804/05 Kapten Inf Gatot Sutrianto menghadiri kegiatan  Lokakarya Mini lintas sektor Puskesmas Poncol yang dilaksanakan di di Bumi Perkemahan Alastuwo Kec.Poncol. Agenda rutin yang dilaksanakan Puskesmas Poncol bertujuan memberikan pengetahuan serta informasi terkini berkaitan dengan masalah kesehatan masyarakat. Apalagi saat ini masih dalam rangka penuntasan masalah wabah Covid-19 yang perkembangan nya semakin mengkwatirkan. Secara nasional angka penderita semakin naik dari hari ke hari apalagi pemerintah sudah menerapkan kebijakan ” New Normal “. Kebijakan ini harus disikapi dengan bijak bagi setiap orang agar terhindar adanya wabah Covid-19.

 

Lokakarya Mini lintas sektor Puskesmas Poncol sendiri dilaksanakan pada 10/06/2020 yang dihadiri Camat Kec. Poncol Bpk Sarengat S.Sos,  Wakapolsek Poncol Ipda Siran, Kepala UPTD Puskesmas Poncol Dr. Roni Kusbhiantoro,Kepala UPTD Sekecamatan Poncol, Kepala Desa dan Kepala Dinas sekecamatan Poncol. Salah satu pokok bahasan yang menarik adalah penerapan new normal, dimana akan membuat kita lebih longgar untuk keluar rumah. Namun, mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung.kita harus tetap menerapkan langkah pencegahan dasar kapan pun dan di mana pun kita berada.

Selain itu, jangan memaksakan diri untuk keluar rumah saat sedang tidak fit. Bila keperluan sudah selesai, segera kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, langsung lakukan beberapa hal berikut:

Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan.

Cuci tangan dengan air dan sabun.

Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.

Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga. Sewaktu menggunakan transportasi umum

Bila kamu harus bepergian ke suatu tempat dan menggunakan transportasi umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain menerapkan langkah pencegahan dasar.

 

Danramil 0804/05 Kapten Inf Gatot Sutrianto mengingatkan kembali masalah protokol kesehatan saat menghadapi Covid -19 yaitu menjaga kebersihan tangan dengan membawa selalu hand sanitizer.  Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Selain itu, pastikan kamu membawa botol minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan. Selain itu juga tidak kalah penting disaat New Normal dimana kita bisa bebas berpergian  selama berada di dalam transportasi umum adalah mengurangi interaksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain. Bila hal ini tidak memungkinkan, sebaiknya jangan menggunakan transportasi umum. Saat sekarang untuk terhindari dari wabah Corona  sudah menjadi tanggung jawab masing-masing individu. Tugas para Babinsa hanya menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan yang sudah terpampang dipapan pengumuman disetiap desa. (Sutrisno R05)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.