MAGETAN JATIM  Pemerintah desa Sambirembe tengah menyiapkan kampung tangguh Semeru di tengah penerapan new normal di Kabupaten Magetan. Karena badai Covid-19 diestimasi para ahli masih akan berjalan panjang. Warga di kampung tangguh nantinya akan bergotong royong membantu memutus mata rantai Covid-19 di desa setempat.( Kamis 25-06-2020 ).

Bertempat di halaman balai Desa Sambirembe Kepala Desa Sambirembe bersama Muspika Kec. Karangrejo menginformasikan kepada warga bahwa untuk sementara di tiap2 Kecamatan akan di dirikan kampung tangguh semeru yang bertujuan untuk memutus mata rantai covid – 19.

“Kampung tangguh adalah kemandirian warga setempat dalam usaha pencegahan dan penanganan Covid-19. Warga desa Sambirembe dengan semangat gotong royongnya, ikut berperan serta dalam membantu warga yang terpapar Covid-19. Malahan di desa itu pula disiapkan, warung gotong royong, Posko Kesehatan dan tempat isolasi mandiri yang kebutuhannya ditanggung sendiri warga setempat.

Dikatakan bapak Camat Karangrejo Bapak Boimin. S.Sos, M.Si. tidak sebatas pencegahan Covid-19 saja, tapi Kepala Desa bersama warga di kampung tangguh juga membangun hal-hal yang positif di Desa mereka. Misalnya, mengajak warga membangun gerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Setiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meski dengan polyback. Atau membuat kolam ikan dari terpal dan ada pula yang budi daya jamur tiram.

“Dampak dari kegiatan KRPL, dalam situasi terpapar Covid-19 masyarakat tidak perlu cemas, berakibat kepada ekonomi. Karena, ketersediaan pangannya sudah tersedia lewat hasil kegiatan KRPL ini. Sekurang-kurangnya, warga punya sayur dan cabe di halaman rumah mereka. Kehidupan masyarakat di kampung tangguh, terpelihara semangat saling membantu, sharing informasi dalam berbagai hal dan mampu meningkatkan kepedulian menjaga kamtibmas di desa setempat.

Selain itu di desa Sambirembe dengan di bentuknya kampung tangguh semeru kegiatan warga semakin padat dan bersemangat, tetapi tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, walaupan dengan adanya Covid – 19 yang sampai sekarang belum pasti jelas kapan akan selesai.(By.R.07)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.