Magetan-Serka Budi Utama Babinsa  Koramil 0804/07 Karangrejo  melaksanakan komsos menghadiri kegiatan Tes Jago Perguruan silat Pencak Silat Setia Hati (PSHT) Rantimg Karangrejo di gedung Balai Desa Prampelan Kec.Karangrejo Kab.Magetan , Rabu (13/08/2020).

Selaku  Penanggung jawab kegiatan tersebut adalah Sutarno ketua  PSHT Ranting Karangrejo, dengan ketua Tim penguji dalam Tes Jago  Rudi Budi Mulyono beserta 8 orang. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 92 calon warga PSHT terdiri dari Siswa Putra 66 orang dan Siswa Putri 26 orang.

 Sutarno menyampaikan Tes jago sebagai kelengkapan menjadi Warga PSHT, seorang Calon Warga harus mengikuti Tes Jago, pada saat tes Jago ini Warga Senior / Warga Tingkat II memeriksa apakah Ayam yang disediakan si Calon Warga benar – benar sehat, dan tidak cacat.

Selain itu Calon Warga telah benar-benar ikhlas menyedekahkan Ayam Jagonya yang telah dipelihara beberapa bulan, dan Calon Warga juga harus siap menyongsong masa depan sebagai warga Persaudaraan Setia Hati Terate.

 Sutarno juga menegaskan bahwa Tes Jago dalam PSHT tidak ada unsur klenik atau Musryik, dan kegiatan ini bersifat terbuka, dan biasa dilihat oleh masyarakat bahkan TNI/POLISI saat acara Tes Jago berlangsung.

“Jadi sangat tidak benar jika ada pihak yang mengarang bahwa saat Tes Jago itu merupakan ajang adu jago / sabung ayam, atau kegiatan lain yang tidak sesuai dengan syariat Islam“, kata  Sutarno

Ayam ini kemudian disembelih untuk dimasak dan dikonsumsi saat Resepsi Pengesahan Warga Baru PSHT, jadi ayam ini diperlakukan sewajarnya dan sebagaimana mestinya, tidak untuk diminum darahnya, atau bentuk kemusyrikan lainnya, imbuhnya.(By-07)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.