Dandim 0804 Magetan : Penghormatan Sang Saka Merah Putih di Puncaak Gunung Lawu

 

Magetan – Kodim 0804/Magetan adakan acara sakral Tradisi Satuan untuk menyambut Anggota baru yang akan memasuki satuan .  Di dalam Instansi militer khususnya TNI-AD, setiap prajurit yang masuk satuan baru selalu melaksanakan Tradisi masuk satuan, merupakan tradisi setiap satuan sebagai warna dan budaya yang harus dilestarikan dan dilaksanakan demi terjaganya budaya leluhur satuan tersebut. Tidak ketinggalan pula satuan Kodim 0804/Magetan melaksanakan acara Tradisi Satuan untuk menyambut Anggota baru yang akan memasuki satuan tersebut. Rangkaian kegiatan tradisi satuan Kodim 0804/Magetan dilaksanakan di daerah Puncak Gunung Lawu dengan mekanisme di lapangan sesuai dengan kegiatan tradisi.

 

Pemberangkatan Tradisi satuan oleh Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Triwidodo dihadiri oleh Kasdim 0804/Magetan ( Mayor Inf Edi Sunarko, S.Sos ), Pasi Intel Kodim 0804/Magetan ( Kapten Arm Khoirudin ),  Danunit Intel Kodim 0804/Magetan ( Letda Inf Didik Ari Susanto ),  Pasandi Kodim 0804/Magetan ( Letda Inf Wahidi ) dan  Anggota Kodim 0804/Magetan sebanyak  33 personil.

 

Sebelum diberangkatkan terlebih dahulu diadakan pengecekan dan senam yang di pandu oleh Serda Aman Baops Kodim 0804/Magetan.

 

Dalam amanatnya Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Triwidodo S.I.P menyatakan kegiatan penerimaan dan pelaksanaan tradisi satuan kepada Perwira, Bintara dan Tamtama Baru merupakan suatu hal mutlak yang dilaksanakan tradisi di kalangan militer khususnya di Kodim 0804/Magetan.
Dengan adanya Tradisi Penerimaan diharapkan menjadi pengalaman berharga bagi anggota baru, sehingga dapat menumbuh kembangkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap satuan. Tradisi ini tidak saja dimaksudkan untuk memberikan dorongan semangat dalam melaksanakan tugas yang akan datang, namun juga untuk menanamkan rasa bangga dan pengakuan sebagai Prajurit Kodim 0804/Magetan. Sikap disiplin yang merupakan napas kehidupan prajurit, harus benar-benar melekat dan menjadi bagian hidup sebagai Prajurit. Tradisi tersebut berguna untuk memperkenalkan satuan baru bagi anggota yang akan masuk satuan sehingga Anggota tersebut tahu tugas dan tanggung jawab yang akan di embanya ke depan.

 

Kegiatan tersebut dimulai dari malam hari bakda sholat iysak dengan memeriksa kesehatan bagi anggota yang akan melaksanakan tradisi, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki Gunung Lawu sampai pukul 12.30 WIB. Pada pukul 15.00 WIB penerimaan secara resmi oleh Komandan Kodim 0804/Magetan yang dihadiri oleh seluruh Staf, disamping itu juga, Dandim 0804/Magetan meminta kepada penyelenggara dan Pasiops Kodim 0804 untuk membekali seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Baru dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar dapat segera menyesuaikan diri di satuan dengan menerapkan prinsip latihan teritorial, bertahap, bertingkat dan berlanjut serta terukur. Tradisi ini diikuti 38  orang termasuk Dandim 0804/Magetan yang masuk di satuan Kodim 0804/Magetan. Akhir dari kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0804/Magetan beserta Staf, pengurus dan seluruh anggota Kodim 0804 Magetan memberi selamat kepada anggota baru yang masuk satuan. (tsr/Red)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.