Magetan – Lomba Bersih Sehat Lestari (Berseri)  dan Bank Sampah, merupakan kegiatan untuk memacu pengelolaan lingkungan yang berbasis partisipasi pemerintahan Desa Tunggur beserta aparaturnya dan masyarakat ditingkat Desa Tunggur Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan, Kamis (24/09/2020),

Turut hadir dalam acara tersebut forkopimca Lembeyan diantaranya Camat Lembeyan Bapak Syaiful Yani Ssos Mm, Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Gunawan, Kapolsek Lembeyan AKP Suyatni SH, Tim Penilai DLH Kabupaten Magetan H. Joko Windu Irawan SKM. MM. Kes,  Kades Tunggur Bapak Sono Keling, Ibu-ibu PKK Desa Tunggur, Seluruh Perangkat Desa Tunggur.

Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Berseri dilaksanakan dengan melibatkan tim juri dari DLH Kabupaten Magetan yang berjumlah 5 orang dipimpin oleh H. Joko Windu Irawan SKM. MM. Kes sebagai Ketua Tim penilai lomba Desa/Kelurahan Berseri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah Desa/Kelurahan dan peran serta masyarakat dalam manajemen pelestarian lingkungan diwilayahnya sehingga dapat tercipta lingkungan yang Bersih Sehat dan Lestari. “Penilaian aspek teknis dilakukan melalui kunjungan lapangan ke salah satu dukuh Nawung RT 03 dan RT 04 Desa Tunggur untuk melihat secara langsung kegiatan warga berkaitan dengan pengelolaan Bank Sampah,” tegasnya.

Program Desa/Kelurahan Berseri dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tanggal 18 Juli 2011 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Adapun kriteria penilaian lomba desa/kelurahan Berseri meliputi kelembagaan dan partisipasi masyarakat (kebijakan, program dan kelembagaan yang ada di desa/kelurahan), pengelolaan lingkungan (upaya pengelolaan sampah, penyediaan fasilitas pengolahan sampah, daur ulang sampah, pengomposan, pengelolaan sanitasi, upaya pengurangan pencemaran udara dan kemitraan dengan pihak luar dalam pengelolaan sampah dan TPS) serta pengelolaan Sumber Daya Alam.

Pemenang lomba desa/kelurahan Berseri akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang untuk 3 (tiga) pemenang lomba yaitu juara 1, 2, dan 3. Selanjutnya pemenang lomba desa/kelurahan Berseri tingkat kabupaten akan diusulkan untuk mengikuti Program Desa/Kelurahan Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur,tahun yang akan datang.(R.12).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.