Magetan – Babinsa Desa Banjarpanjang Koramil Type B 0804/01 Magetan Sertu Maryoto bersama Bhabinkamtibmas melatih anggota perlindungan masyarakat (Linmas) dengan mematuhi protokol kesehatan bertempat di Balai Desa Banjarpanjang Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Selasa (20/10/2020).

Dari pelaksanaan pelatihan ini diikuti sebanyak 30 Linmas Desa Banjarpanjang, dengan format pengisian materi diruangan dan dilapangan.Sementara dalam pelatihan Linmas diruangan Babinsa Desa Banjarpanjang mengisi materi yang berkaitan dengan tugas linmas,fungsi linmas dan juga kewajiban linmas.

“Garis besarnya tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, dan membantu upaya pertahanan Negara serta fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” kata Sertu Maryoto

Babinsa juga memberikan materi disiplin dan semangat Bela Negara.” Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara. Serta kedisiplinan adalah modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan,” tegas Sertu Maryoto.

Kemudian Babinsa dan Bhabinkamtibmas  melanjutkan dengan memberikan materi lapangan yakni pelatihan baris berbaris (PBB) kepada Linmas yang berlokasi di halaman kantor pemerintah Desa Banjarpanjang. Terlihat para Linmas yang mendapat pelatihan sangat antusias dalam melaksanakan latihan ini dengan penuh rasa semangat dan senang hati. Dari semangat itulah membuat Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Banjarpanjang merasa bangga, walaupun rata – rata sudah berumur akan tetapi mereka (Linmas) sangat dan sangat semangat dalam menjalankan pelatihan.

Saat ditemui di Markas Koramil Type B 0804/01 Magetan Kapten Inf. Suparlan selaku Danramil membenarkan bahwa Babinsa melatih Linmas. “Ya benar, Babinsa dan habinkamtibmas  Desa Banjarpanjang hari ini melatih dan mempersiapkan para Linmas  dalam rangka peningkatan kapasitas Linmas di Desa binaan,” ujarnya.

Semoga dengan pelatihan tersebut bisa menjadikan modal utama untuk keberadaan Linmas di Desa sebagai unsur pertahanan sipil yang tangguh, pungkas Kapten Infanteri Suparlan. (R 01 ).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.