Magetan. Sinergi TNI melalui jajaran Kodim 0804/Magetan khususnya Pos Koramil Karas, secara bersama dengan melibatkan Distan dan PPL Kec Karas melaksanakan program kebersihan lingkungan dan pembuatan biopori di wilayah binaannya. Babinsa Pos Ramil Karas dalam melaksanakan kegiatan gerakan kebersihan lingkungan dan pembuatan biopori ini sebagai antisipasi sudah semakin dekat akan datangnya musim penghujan.

 

Bukan saja pembersihan sampah dan rumput liar yang jadi sasaran, para Babinsa juga membuat lubang resapan biopori yang bermanfaat secara ekologi dan lingkungan. Hal ini dilakukan untuk memperluas penyerapan air kedalam tanah, manfaat lain sebagai penanganan limbah organik dan peningkatan kesehatan tanah.

 

Selain itu, biopori juga bermanfaat secara arsitektur lanskap sehingga telah digunakan sebagai pelengkap pertamanan di berbagai lingkungan baik lingkungan pemukiman maupun lingkungan instansi. Biopori kini menjadi pelengkap penerapan kebijakan luas minimum ruang terbuka hijau di perkotaan dan tempat-tempat lain dan sangat dianjurkan ruang terbuka hijau memiliki biopori.

 

Kegiatan yang melibatkan Distan dan PPL Kec Karas ini bertujuan agar lingkungan lebih bersih dan jauh dari kesan kumuh, disatu sisi memberikan contoh bagi masyarakat agar termotivasi menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan.

 

Dan Pos Ramil Karas Peltu Funindiyanto mengatakan “Kebersihan hanya bisa terwujud secara nyata apabila terjalin kerja sama yang baik untuk saling peduli, mengawasi dan mengingatkan masing-masing individu tentang pentingnya kebersihan,” ungkapnya. (Pendin0804)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.