Magetan. Pandemi Covid-19 menjadi peristiwa luar biasa, sebab tidak hanya merusak kesehatan manusia, namun juga berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan. Maka dari itu dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme aparat komando kewilayahan dimasa Tatanan Kehidupan Baru (New Normal), Kodim 0804/Magetan melaksanakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil) tersebar TA. 2020, Kegiatan yang digelar mulai tanggal  19 s/d 21 Oktober 2020 tersebut dilsksanakan di Aula Kodim 0804/Magetan Jalan Panglima Sudirman No. 42 Magetan. Rabu(21/10/2020)

Kegiatan yang digelar oleh Kodim 0804/Magetan ini  dihadiri oleh para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang selama kegiatan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan covid-19 baik itu mengenakan masker, jaga jarak serta cuci tangan.

Melalui program kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil tersebar diharapkan para Apkowil dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam mendeteksi, mengenali, menganalisa serta pengambilan tindakan terhadap perubahan dan perkembangan dinamika di wilayah guna mewujudkan keutuhan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh.

Dalam sambutannya Dandim 0804/Magetan Letkol Ismulyono Tri Widodo, S.I.P, mengatakan Program ini berkaitan langsung dengan keberadaan Aparat Komando Kewilayahan terutama bagi Babinsa yang langsung terjun ke lapangan dan berhadapan dengan segala macam bentuk dan karakter masyarakat, Babinsa harus selalu siap sedia dan tanggap terhadap situasi yang berkembang di wilayah masing-masing.

Menghadapi tantangan kedepan yang akan dihadapi, seorang aparat Komando Kewilayahan harus mempunyai kepekaan terhadap perkembangan situasi di wilayah, terutama dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini permasalahan yang terjadi agar tidak semakin meluas. Kegiatan Apkowil yang dilaksanakan ini untuk menciptakan kualitas aparat teritorial yang mumpuni serta mampu menguasai wilayah binaanya.

Dalam menyikapi kondisi saat ini terkait pandemi Covid-19, Dandim 0804/Magetan mengajak para Babinsa untuk mengikuti petunjuk tentang protokol kesehatan pencegahan covid-19. Pandemi ini harus kita cegah agar Covid-19 tidak semakin menyebar luas.  Jangan pernah bosan untuk terus menerapkan dan menghimbau masyarakat tentang disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Selanjutnya “Ikuti dengan serius dan bertanggung jawab kegiatan ini agar apa yang disampaikan oleh pemateri dapat diserap dan selanjutnya diaplikasikan di wilayah/desa binaan sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat termasuk tentang pencegahan covid-19, ”pungkasnya”. (Pen0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.