Magetan. Tim Karawitan Abdi Manunggal dibawah pimpinan Endro Tri Murdoyo, S,Pd, M.Pd binaan Kodim 0804/Magetan melakukan sesi pengambilan video untuk  mengikuti Festifal Karawitan Mabes TNI Tahun 2020 dalam rangka memperebutkan piala Sri Sultan Hamengku Buwono X dan S.D.K.G.P.A.A  Paku Alam X.

Dalam lomba tersebut tim kerawitan Abdi Manunggal Kodim 0804/Magetan menyanyikan satu gending wajib tradisi yaitu Ladrang Nuswantoro laras pelog pathet nem, sedangkan gending pilihan kreasi yaitu gending gugur gunung, kedua gending ini nantinya dikirimkan dalam bentuk video kepada panitia lomba tingkat Mabes TNI.

                                                                                                                                                                                                              Keikutsertaan tim Karawitan Abdi Manunggal dalam festifal ini sebagai bentuk partisipasi Kodim 0804/Magetan dalam upaya melestarikan budaya kerawitan,  karena karawitan adalah lambang keluhuran peradaban Nusantara, popularitas gamelan sebagai media ekspresi seni karawitan telah tersebar luas di penjuru dunia. Oleh karena itu Kerawitan adalah kebanggaan seluruh bangsa yang harus dilestarikan. “ujar Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo saat pengambilan video di Pendopo Surya Graha Magetan”. Kamis(22/10/2020)

Semoga dengan semangat dan kekompakan para Pengrawit Abdi Manungal dapat membuahkan hasil yang maksimal. Kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan potensi Kab. Magetan yang juga mempunyai industri alat musik gamelan di Desa Kauman Kec. Karangrejo, agar di kenal masyarakat luas bahkan manca negara, “kata Dandim”. (Pen0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.