Magetan – Wujud kepedulian Babinsa koramil tipe B 0804/02 plaosan, terhadap masyarakat demi mewujutkan perekonomian yg lebih meningkat di bidang pertanian. di dusun nongko dandang, Ds Sidomukti, Kecamatan plaosan,Jumat  (06/11/2020).

Persoalan hajat hidup orang banyak di tengah pandemi Covid-19,  khsusunya terkait soal pangan masih terus menjadi perhatian oleh semua pihak. Ketersediaan pangan nasional dampak pandemi akan bukan menjadi masalah di daerah saja tapi sudah masuk pada persoalan ketahanan nasional.

Merespon hal tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sidomukti terus mengembangkan lahan pertanian alami guna mencukupi kebutuhan suplai pangan masyarakat sekitar. Pengembangan itu juga menjadi langkah awal untuk mendorong ekonomi desa.

“Pengembangan pertanian alami ini muncul dari keprihatinan kita ketika pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat kesulitan untuk menyuplai makanan. Sehingga lewat pemerintah desa, BUMDes dapat amanah untuk mencari lokasi yang bisa untuk ditanami dan nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Ketua Bumdes Sidomukti, Imam Nawami (47).

Pemilihan lokasi ini, kata Imam, berdasarkan penilainnya terhadap masyarakat khsusunya petani yang mempunyai mental yang gigih namun pengetahuan soal pertanian yang alami dan sehat belum ada. Dari situ, pihaknya mulai masuk untuk membentuk diskusi antar masyarakat terkait dengan pengembangan pertanian alami.Babinsa sidomukti akan selalu bergerak aktif dlam mebantu kemajuan ekonomi di desa binaanya ujar koptu Triyono.

Hasilnya, diputuskan bahwa kawasan di Sidomukti tersebut akan dibuat sebagai sentra atau pusat edukasi masyarakat untuk menyebarkan ilmu pertanian alami. Dikatakan Imam, langkah itu tidak hanya memberikan edukasi tentang pertaian alami tapi juga membantu menyelesaikan masalah para petani di wilayah tersebut.pungkas kptu triyono(R 02).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.