Magetan. Dukung Program Kesehatan Anak, Babinsa Koramil Tipe B 0804/06 Maospati Serma Tugiyo melaksanakan kegiatan pendampingan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dilakukan petugas medis Puskesmas Maospati di SDN 1,2,3  Sugih Waras dan MIT Ar Rahman Desa Sugihwaras, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jumat (20/11/2020).

Sebanyak 108 anak siswa-siswi SDN 1,2,3  Sugih Waras dan MIT Ar Rahman mendapatkan imunisasi Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD). Imunisasi tersebut merupakan  program pemerintah dan dilaksanakan secara serentak.

Terkait kegiatan yang dihadirinya, Babinsa Maospati Serma Tugiyo  menerangkan. bahwa  Imunisasi sangat penting bagi anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun dan hal tersebut merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit.

program BIAS dengan sasaran murid SD dan MI di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Maospati tersebut bertujuan untuk memberikan vaksinasi  guna meningkatkan kekebalan terhadap penyakit, program tersebut dilaksanakan secara berkala, “tuturnya”

Menurut petugas medis dari Puskesmas Maospati, program BIAS dengan sasaran murid-murid SD dan MI di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Maospati  tersebut bertujuan untuk memberikan vaksinasi guna meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.

“Imunisasi BIAS ini biasanya diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Program ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus,” terangnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Danramil Tipe B 0804/06 Maospati Kapten Inf Suryo Margono mengatakan pihaknya selalu mendukung program BIAS yang dilaksanakan pemerintah.

 “Koramil selalu aktif dalam pendampingan di sekolah-sekolah saat kegiatan pemberian imunisasi dilaksanakan. Terutama, karena BIAS ini bertepatan masa pandemi covid, jajarannya aktif dalam menghadiri dan memantau kegiatan tersebut sekaligus menghimbau penerapan protokol kesehatan” pesannya. (Pen0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.