Magetan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya terkait prakiraan kondisi iklim di Jawa Timur khususnya di Kab. Magetan sudah memasuki musim hujan. Mengingat fenomena tersebut berlangsung pada bulan Oktober 2020 hingga bulan Maret 2021 nanti, akan memicu peningkatan curah hujan 20 hingga 40% lebih tinggi dari biasanya sehingga dapat berakibat terjadinya banjir dan longsor.

Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam tersebut, Kodim 0804/Magetan bersama Instansi terkait  lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam di Halaman Kantor Bupati Magetan. Senin (16/11/2020)

Pada Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana Alam, Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH. M.Si meminta kepada seluruh instansi terkait bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pananggulangan dan langkah antisipasi bencana alam ini. “Kepada seluruh petugas baik itu dari TNI, POLRI, Petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Pemadam Kebakaran, Basarnas, Satpol-PP, agar tetap siaga dan memastikan peralatan sudah siap siaga setiap saat” tegas Bupati.

Selain itu, edukasi penanggulangan bencana alam kepada masyarakat juga penting dengan meningkatkan kualitas sdm (antisipasi ancaman, prediksi, adaptasi, memulihkan kembali), peningkatan data informasi dan pembentukan daerah tangguh bencana serta kemudahan akses bagi pihak lain dalam membantu menangani bencana.

Sementara itu Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo, S.I.P menegaskan bahwa ketika cuaca sedang ekstrim, supaya dapat bersama-sama menangani dan menanggulangi bencana dengan cepat dan tepat serta terus mensosialisasikan cara penanganan bencana kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana.

“Kita bekerja sama dengan seluruh satuan yang ada di wilayah Magetan karena disini ada satuan Polres, Lanud, Subdenpom, Dishub, Satpol PP, BPBD, serta Basarnas. Penanganan bencana merupakan tanggung jawab semua dan memerlukan kerja sama semua pihak” ucapnya.

Kendati demikian, Dandim berharap semua sektor untuk bersinergi dalam upaya penanggulangan dan antisipasi bencana alam di Magetan, Oleh karena itu, kepada seluruh pemangku kepentingan kami mengajak agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik selama ini. (Pen0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.