Magetan. Babinsa Pos Ramil Ngariboyo Kodim 0804-01 Magetan Sertu Robert Dwi Cahyono mendampingi Tim Kesehatan dari Puskesmas Ngariboyo melaksanakan Tracking Guna Mencegah Covid 19 Menyebar di wilayah Desa Ngariboyo Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Rabu (02/12/2020)

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memutus tali persebaran virus corona atau COVID-19. Salah satunya adalah dengan contact tracking.

Sertu Robert Dwi Cahyono menjelaskan Contact tracking merupakan salah satu cara untuk mengendalikan wabah yang tengah terjadi yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

Contact tracking dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas, “ungkapnya”.

Adapun contact tracking dapat dilakukan dengan tiga cara antara lain, Mengidentifikasi Kontak yaitu Jika seseorang dikonfirmasi telah terinfeksi suatu virus, maka seseorang tersebut akan ditanya perihal aktivitas yang telah mereka lakukan dan dengan siapa saja mereka telah bertemu. Mulai dari keluarga, teman di kantor hingga penyedia layanan kesehatan.

Mendata Kontak  yaitu Siapapun yang telah berhubungan langsung dengan orang yang terjangkit virus, maka mereka juga memiliki potensi untuk tertular. Oleh karena itu, diperlukan pendataan kontak siapa saja yang telah bertemu dengan orang yang telah terjangkit virus. Jika mereka memiliki gejala terjangkit virus tersebut, maka diperlukan karantina diri baik dilakukan di rumah maupun rumah sakit.

Kontak tidak lanjut ini dilakukan agar tetap dapat memantau setiap orang yang telah masuk dalam data kontak serta untuk mengetahui kondisi terkini mereka. Contact tracking dapat dilakukan berminggu-minggu, hingga dapat diketahui apakah orang yang masuk dalam data memberikan tanda-tanda tertular virus atau tidak.

Sertu Robert juga menjelaskan cara untuk meminimalisir penyebaran virus corona antara lain cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir, terutama jika telah melakukan kegiatan di luar rumah. Jika tidak terdapat sabun dan air, dapat menggantinya sementara dengan hand sanitizer, Hindari untuk menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut, Hindari kontak langsung dengan orang yang kurang sehat, Tutuplah mulut atau hidung saat ingin batuk atau bersin menggunakan tisu, lalu cucilah tangan dengan air dan sabun, “pungkas Sertu Robert”. ( R 01 )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.