Magetan – Sinergitas TNI-POLRI Tingkatkan Kedisiplinan Anggota Linmas Babinsa Koramil Tipe B 0804/06 Maospati Kodim Magetan dan Bhabinkamtibmas bersinergi melaksanakan Pelatihan Peningkatan Disiplin kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Tahun Anggaran 2021, bertempat di Balai Desa Tanjungsepreh, Kec Maospati, Kab Magetan,Rabu(17/11/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Tanjungsepreh, Bati Wanwil Pelda Eko W, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Tanjungsepreh, Kasi Trantib Kecamatan Maospati Kegiatan dihadiri sekitar 20 orang anggota Linmas Desa Tanjungsepreh

Kepala Desa Tanjungsepreh berharap dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini maka terjalinlah silaturahmi yang baik antara aparat kewilayahan dan anggota Linmas desa binaan, serta mengenalkan sejarah awal mulanya Linmas, tugas dan fungsi Linmas di desa.

Sementara itu, Babinsa Desa Tanjungsepreh Pelda Suwartoyo menyampaikan bahwa, selama pelaksanaan kegiatan pelatihan sekaligus memberi himbauan kepada anggota Linmas dan keluarganya agar selalu memakai masker saat keluar rumah dan selalu jaga jarak (Physical Distancing) serta untuk tetap produktif dalam melakukan aktifitas di tengah pandemi Covid-19 dengan mempedomani Protokol Kesehatan (Adaptasi Kebiasaan Baru).

Pelda Suwartoyo juga menambahkan agar sewaktu melaksanakan tugas pengamanan nanti dilapangan, kalau ada orang yang mencurigakan harus diutamakan sopan dan humanis dalam bertindak.

“Anggota Linmas juga harus belajar baris berbaris dan mendapat pengetahuan tentang peraturan baris berbaris,” tegasnya.

Di tempat terpisah Danramil 06/Maospati Kapten Inf Sunaryo mengatakan, selain tugasnya membantu masyarakat binaan, Babinsa juga melatih anggota Linmas dalam rangka memberikan pembinaan keterampilan dan pembinaan fisik serta mental para anggota Linmas untuk mengasah kemampuan yang selama ini mereka miliki.

“Pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil), dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas, sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” kata Danramil.

Dengan dilaksanakannya pembinaan oleh Babinsa, para anggota Linmas akan bisa menjalin hubungan kerja yang harmonis, meski materi yang disampaikan adalah gerakan ketangkasan fisik seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Kita selenggarakan pelatihan ini untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas karena mereka adalah mitra Babinsa, sehingga diharapkan kedepannya dapat diimplementasikan dalam kerja mereka di lingkungan masyarakat,”ungkap Danramil (R 06).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.