Magetan – Babinsa Koramil Tipe B 0804/07 Karangrejo bersama Bhabinkamtibmas Polsek Karangrejo memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Linmas Desa Maron Kec. Karangrejo Kab. Magetan,  Pembinaan dilakukan di halaman Balai Desa Maron dan lapangan sepak bola desa Maron, Kamis (10/06/2021).

“Ini sebagai wujud sinergitas Babinsa bersama Bhabinkamtibmas memberikan pembekalan dan pelatihan Linmas di Desa Maron. Kegiatan juga sebagai wujud kekompakkan TNI dan Polri dalam pembinaan terhadap masyarakat,” ungkap Babinsa.

Sudarsono juga menjelaskan materi pembekalan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Linmas. Selain itu, diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan praktek penanggulangan bencana kebakaran. Dilakukan juga pengecekan sikap tampang dan penggunaan seragam Linmas.

“Pembekalan dan pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas di masing-masing Desa. Harapannya Linmas bisa membantu melaksanakan tugas serta mendukung tugas TNI Polri dalam pengamanan kegiatan kemasyarakatan,” pungkasnya.

Babinsa Maron juga menjelaskan garis besar tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Dan membantu upaya pertahanan negara serta fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” lanjutnya.

Ditambahkan Danramil Tipe B 0804/07 Karangrejo Kapten Arm Agus Hariyono selaku narasumber memberikan materi disiplin dan semangat Bela Negara. Menurutnya Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara.“Serta kedisiplinan adalah modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan,” tegas Danramil.

Sementara itu, Kepala Desa Maron, Bapak Didik Agus Wahyudi yang hadir dalam kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri dan TNI yang telah memberikan pelatihan Linmas. Dengan pelatihan ini, anggota Linmas di wilayahnya bisa menambah kemampuan dan pengetahuannya.

“Adanya pelatihan sangat bermanfaat menambah kemampuan Linmas sehingga diharapkan Linmas mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peranannya,apalagi pada masa pandemi Covid 19 saat ini” pungkas Serka Sudarsono (R 07)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.