Magetan. Melalui program TMMD, TNI menjadi leading sektor dalam mengentaskan ketertinggalan pembangunan di berbagai wilayah, dengan program yang tersusun secara terpadu dengan melibatkan pihak pemerintah daerah setempat, Polri, instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat di daerah sasaran.

Program TMMD merupakan salah satu program yang terus dilaksanakan secara konsisten. Dengan seluruh catatan keberhasilan dalam mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah, terutama daerah terdepan, terluar, dan terpencil, TMMD sampai saat ini tetap relevan untuk dilaksanakan.

TMMD hadir bukan sebagai program gagah-gagahan atau pengambilalihan tugas instansi lain oleh TNI, namun jauh lebih kepada filosofi yang ada bahwa TNI hadir dan berjuang bersama rakyat untuk mengatasi berbagai kesulitan dan permasalahan, terutama yang berkaitan dengan pembangunan sarana dan prasarana wilayah pedesaan.

Seperti pada pelaksanaan TMMD ke-111 tahun 2021 di wilayah Kodim 0804/Magetan Selatan, mempunyai lima sasaran fisik, yaitu pengecoran jalan yang menghubungkan dusun Templek dan Dusun Biting, pembangunan  talud, pemasangan batu bronjong, renovasi Mushola dan pembangunan poskamling.

Selain sasaran fisik, TMMD ke-111 juga melaksanakan kegiatan dengan sasaran non fisik diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan agama, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan KB, dan juga penyuluhan kehutanan. (Pendim0804)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.