Magetan –  Sebagai bentuk antisipasi berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti, penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Tipe B Koramil 0804/12 Lembeyan Pelda Supriyadi bersama Bidan Desa, pihak Pukesmas dan  Warga Dusun Jomblang Desa Pupus mengadakan kegiatan fogging, Senin (01/03/2021).

Warga di lingkungan tersebut, khususnya mereka yang tinggal di Desa Pupus sangat antusias menyambut positif kegiatan tersebut, bahkan mereka juga turut membantu pelaksanaan kegiatan fogging. Warga sangat terbantu atas kegiatan yang diadakan anggota Koramil Tipe B 0804/12 Lembeyan, sebab dengan demikian dapat mencegah jatuhnya korban akibat DBD.

Sementara Pelda Supriyadi yang merupakan Babinsa Desa Pupus tersebut, turut mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan karena Dusun Jomblang Sudah ada yang terjangkit DBD sebanyak 4 orang anak antara lain Haida (3 th), Aling (4 th) Bahtiar (10 th), Sabrina (9th) Kondisi sekarang sudah sehat kembali, sehingga kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengantisipasinya.

Menurutnya, kegiatan fogging ini merupakan salah satu cara untuk mematikan dan memotong siklus penyebaran nyamuk aides aegepty. “Kami juga minta kepada warga agar peduli dan menjaga lingkungan agar tetap bersih, salah satu caranya jangan membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Saat ini Dinas Kesehatan Lembeyan telah melakukan sosialisasi bersih-bersih lingkungan, pemberian abate kepada masyarakat hingga fogging serta memaksimalkan peran para jumantik (juru pemantau jentik) di setiap wilayah masing – masing. “Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Ditempat Terpisah, Perangkat Desa Pupus, Moh. Salim, Bidan Desa Ibu Nita mengucapkan banyak terima kasih atas peran serta anggota koramil Tipe B 0804/12 Lembeyan yang peduli terhadap kesehataan warganya, “Sinergi seperti ini sangat bagus, tentu saya berharap kegiatan seperti ini dapat di laksanakan secara berkala,” pungkas Pelda Supriyadi. (R.12)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.