Magetan – Sebagai upaya melestarikan adat dan budaya sebagai warisan leluhur untuk menumbuhkan kearifan lokal dan promosi ekowisata di wilayah binaan, Danramil tipe B 0804/02 Plaosan menghadiri acara syukuran larung sesaji di telaga Sarangan yang di hadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs H. Suprawoto, selain itu di hadiri pula oleh  Kadis Pariwisata Bpk Joko Triono, Camat Plaosan Bpk Permadi,  Kapolsek Plaosan Akp M. Munir, Lurah Plaosan Bpk. Prima, Serta Warga Kel Sarangan.Sabtu(03/04/2021)

 

Kapten Inf Gunawan mengatakan, ” Acara larung sesaji ini merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat dari allah swt yang di berikan kepada warga yang tinggal di seputaran telaga Sarangan, atas rezeki dan berkah yg telah di berikan selama ini. ” Larung sesaji ini sudah berlangsung lebih dari 500 tahunan,  pelaksanaannya sendiri jatuh pada hari jumat pon bulan sya’ban atau Ruwah. Pusat acara di punden desa yang terletak di sebelah timur telaga tepatnya.

 

Adapun perlengkapan upacara larung sesaji ini di antaranya :Tumpeng asli, Ayam panggang, Pisang setangkep, Budak ripeh (sejenis jadah kuning/putih), jajan pasar, jenang monco warno ( jenang 5 warna).” Alhamdulillah seluruh rangkain acara dapat berjalan lancar sesuai yang di harapkan, ” tutur Kapten Inf Gunawan. (R  02 )

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.