Anggota Saka Wira Kartika mendapat latihan penggunaan kompas, teropong, hingga latihan ketangkasan baris berbaris (LKBB) di halaman markas Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan, pada hari Minggu 27 Juni 2021. Materi disampaikan oleh Bati Wanwil dan anggota TNI Koramil Tipe B 0804/01 Magetan.

 

Pelatihan ini dimaksudkan agar anggota Saka Wira Kartika dapat membaca kompas baik pada siang hari maupun malam hari. Adapun latihan LKBB ditujukan agar anggota Saka Wira Kartika memiliki disiplin dan mempunyai kemampuan LKBB.

 

Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat.

 

Suatu cara yang digunakan untuk menentukan arah/menuju sasaran yang telah di tentukan pada siang hari merupakan pengertian Kompas  Siang. Jelas Serma Dwi Harbiyanto.

 

Selain perlu diperhatikan langkah-langkah penggunaan kompas siang dimulai dari  Buka tutup kompas hingga berdiri tegak, Letakkan/angkat prisma ke atas kaca kompas, Masukan ibu jari ke dalam cincin kompas dan luruskan telujuk ke depan sehingga rapat pada bagian tutup kompas dengan maksud agar pada waktu kompas dibidikkan tidak bergerak, Dari tiang bidikan kedua kaki rapat/sikap sempurna dan menghadap penuh ke sasaran, Bawa kompas ke depan mata dan langsung membidik, mata yang tidak membidik dipejamkan, Lihat standar melalui prisma, Luruskan garis rambut pada tutup kompas dengan sasaran, Baca garis-garis/angka derajat dalam kompas melalui prisma yang sejajar dengan garis rambut pada kaca kompas dan sasaran, Itulah sudut yang di maksud.ungkap Serma Dwi Harbiyanto.

 

Pelatihan tersebut dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.Pungkas Sema Dwi Harbiyanto.(R 01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.