Magetan.  Danposramil Ngariboyo Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Peltu Hadi Kusnomo memberikan pelatihan terhadap warga dan linmas di desa Sumberdukun. Pelatihan diberikan kepada warga desa setempat di ikuti 30 masyarakat bertempat di balai desa Sumberdukun Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan. Minggu (26/12/ 2021)

Adapun undangan yang hadir antara lain Camat Ngariboyo diwakili Kasitrantib Bapak Yogi, Danposramil Ngariboyo Peltu Hadi Kusnomo, Perangkat Ds sumberdukun, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ds Sumberdukun serta anggota Linmas desa Sumberdukun.

Materi pelatihan diberikan oleh Danposramil Ngariboyo. Dalam pelatihan diberikan materi tentang penanganan bencana alam, pengamanan, penjagaan dan penanggulangan bencana.

Danposramil Ngariboyo Peltu Hadi Kusnomo  menyampaikan bahwa pelatihan kemampuan warga binaan dilaksanakan atas permintaan dari pihak pemerintahan desa. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di tingkat desa dalam berbagai aspek pelaksanaan tugasnya.

“Selain materi dasar kemampuan diberikan juga materi tentang tanggap bencana alam. Diharapkan warga dan linmas selain membantu menjaga keamanan juga bisa berperan saat terjadi bencana alam di desanya,” ucapnya.

Danposramil Ngariboyo menambahkan bahwa kegiatan pelatihan tanggap bencana bermaksud mengantisipasi apabila suatu desa mendapat musibah bencana alam di wilayah. Harapannya setelah mendapat pelatihan, selain bisa membantu menjaga keamanan, masyarakat bisa difungsikan membantu penanganan apabila bencana alam kembali terjadi.

“Masyarakat bisa menjadi personel penanganan awal apabila terjadi bencana alam di desa. Sampai adanya penanganan lanjutan dari instansi atau pihak terkait,” katanya.

Danposramil Ngariboyo berharap dengan pelatihan yang sudah diberikan, sebagai unsur mitra TNI di desa bisa maksimal dalam pelaksanaan tugas. Selain itu memiliki kemampuan dasar untuk bisa berbuat saat ada bencana alam di wilayahnya.

Mengenai hal tersebut Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani mengapresiasi atas pelatihan yang diberikan kepada masyarakat. Menurutnya materi yang disampaikan dapat bermanfaat nantinya apabila dibutuhkan, sehingga materi terkait tanggap bencana sangat tepat disampaikan.

“Dengan pelatihan, diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kemampuan di bidang keamanan dan membantu dalam tanggap darurat penanganan bencana alam,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan tanggap bencana dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 dan selesai dalam keadaan aman dan tertib. (R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.