Magetan – Siapkan Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) yang handal serta mempunyai wawasan kebangsaan di wilayah binaannya, Danramil Tipe B 0804/04 Parang berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam kegiatan pembinaan Linmas bertempat Desa Sayutan Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, Kamis (30-12-2021).

Hal tersebut bertujuan agar anggota Linmas tidak lupa akan sejarah dan hal-hal terkait lainnya dengan keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu hal itu merupakan bagian upaya dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan rasa kebangsaan warga negara sebagai suatu bangsa, yang bersatu dan berdaulat dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dijelaskan Danramil Kapten Inf Denni Erwanto, kondisi Wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini. ” Keterlibatan anggota TNI dari Koramil Tipe B 0804/04 Parang dalam pelatihan kepada linmas ini merupakan salah satu tugas untuk membina komponen cadangan Sistem pertahanan dan Keamanan Nasional serta bekal bagi anggota Linmas sehingga akan tumbuh rasa cinta tanah air kepada generasi penerusnya,” jelasnya

Selain memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara, hal itu juga untuk mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi, apabila nanti para perangkat linmas bertugas di masyarakat.

”Yang terpenting dari semua itu adalah para perangkat linmas harus mampu menghadapi kompleksitas permasalahan mulai dari terorisme, radikalisme, separatisme, kemiskinan, konflik horizontal dan vertikal serta tidak kalah pentingnya yaitu narkoba. Sebagai pelayan masyarakat, perangkat linmas harus mampu menghadapi itu semua dan membawa Indonesia yang lebih maju dimasa yang akan datang,” jelasnya

Menurut Danramil Kapten Inf Denni Erwanto, perangkat Linmas di desa harus mampu menjadi sosok yang bisa di teladani oleh masyarakat, tidak hanya cerdas dalam memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat serta visioner dan tentunya dikemas dalam kualitas wawasan kebangsaan yang tinggi dari setiap individu.

”Bangsa Indonesia memiliki Wawasan Kebangsaannya sendiri yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan berdasarkan nilai-nilai itu bangsa Indonesia memiliki cara pandang untuk melangkah ke depan dalam mencapai tujuan nasional. Oleh karenanya kita dari bagian bangsa ini harus memiliki semua itu,” pungkas Danramil

Selain Danramil Kapten Inf Denni Erwanto, kegiatan tersebut juga dihadiri Perwakilan dari Polsek Parang, Kepala Desa Sayutan bpk Suyono, para Perangkat Desa Sayutan dan di ikuti anggota Linmas sebanyak 30 orang, serta Babinsa Desa Sayutan Sertu Sukarman.(R 04)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.