Magetan.  Babinsa kelurahan Selosari Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Peltu Ari Himawan bersama Tiga Pilar dan warga kelurahan Selosari mengajak  kompak melaksanakan kegiatan berburu kandang/sarang nyamuk Aedes Aegypti dalam rangka pencegahan penyakit demam berdarah di wilayah kelurahan Selosari kecamatan Magetan kabupaten Magetan. Minggu (13/02/2022)

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala kelurahan Selosari bapak Saiful Priyo Utomo SP, Babinsa Kel. Selosari Peltu Ari H,  Tim Puskesmas Candirejo Ibu Ervin, Bidan Kel. Selosari Ibu Siti Annisa dan Ibu Yuli S, Sekkel Selosari Mey Kusyuono S.Sos , Kasi Trantib Kel. Selosari Purnomo, SE, Kasi Kesos Kel. Selosari Esty R, S.Sos , Perangkat Kel. Selosari, Kader Jumantik Kel. Selosari, Ketua RT. dan Ketua Rw. 09 KPR Selosari Permai.

 

Memasuki musim penghujan,  Babinsa Koramil Tipe B 0804/01 Magetan mengajak warga untuk terlibat aktif mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

Babinsa kelurahan Selosari Peltu Ari Himawan menyebutkan, bahwa ada banyak hal yang dapat dilakukan warga untuk mencegah serta meminimalisir demam berdarah.

 

“Seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal, dengan selalu menerapkan 3M plus. Menguras, membuang dan mengubur benda-benda bekas yang dapat menampung air karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah,” ungkap Peltu Ari Himawan.

 

Dijelaskan Ari,  selain itu warga juga harus membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

“Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Dengan begitu lingkungan akan menjadi sehat, rumahnya sehat dan orangnya pun sehat,” ucap Babinsa Kelurahan Selosari.

 

“Karena jentik nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah, itu akan mudah berkembang biak di lingkungan yang kotor dan banyak genangan air. Itulah salah satu alasan mengapa warga diajak berperilaku hidup bersih dan sehat,” sambung Peltu Ari Himawan.

 

Menurut Peltu Ari Himawan, tanpa adanya peran serta warga, maka apapun upaya yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir demam berdarah tetap tidak akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.

 

“Jadi, peran warga juga sangat penting. Sebab selagi warga tidak ikut terlibat, maka sekuat apapun upaya pemberantasan yang dilakukan pemerintah, itu tetap akan gagal,” sebut Peltu Ari Himawan.

 

Selain memburu, mendapatkan dan langsung menghancurkan sarang nyamuk,Babinsa Kelurahan Selosari juga memberikan himbauan kepada warga kelurahan Selosari agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19 karena Pandemi belum berakhir .pungkas Peltu Ari Himawan. (R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.