Magetan.  Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani diwakili Bati Bhakti TNI Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Peltu Ari Himawan menghadiri Rakorca bertempat di gedung pertemuan kecamatan Magetan kabupaten Magetan. Senin (14/02/2022)

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Magetan Tri Admadi S.Sos, Kapolsek Magetan diwakili Iptu Djoko Wahyono, Danramil Tipe B 0804/01 diwakili Peltu Ari Himawan, Kepala KUA Muhammad Fadlan S.Ag, Kepala Desa/kelurahan Sekecamatan Magetan ,Sekcam Magetan Frisco Yudha Arista S.STP.

 

Dalam sambutannya Danramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani melalui Bati Bhakti TNI Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Peltu Ari Himawan intinya menyampaikan permohonan maaf Danramil tidak bisa hadir karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan. Selain itu Peltu Ari Himawan juga menjelaskan tentang Salam Pancasila merupakan bentuk jalan tengah kebangsaan yang terbebas dari dampak teologis. Salam Pancasila tidak dimaksudkan sebagai pengganti salam keagamaan,” kata Peltu Ari Himawan.

 

Hal tersebut disampaikan Peltu Ari Himawan saat menghadiri Rakorca kecamatan Magetan.

 

Peltu Ari menjelaskan beberapa hal sensitif secara keagamaan diantaranya Salam Pancasila bukan untuk mengganti salam umat Islam, yaitu Assallamualaikum.

 

“Melainkan salam dalam hubungan kemanusiaan. Jika kita menyapa pemeluk agama lain dengan salam agama kita, maka itu membebani mereka. Demikian pula mengucapkan salam Om Swastiastu, kita dituduh masuk Hindu,” katanya.

 

Peltu Ari Himawan mengingatkan Salam Pancasila adalah salam yang menjembatani dan menjadi titik temu bagi rakyat tanpa melihat latar belakang apa pun. Pengucapannya di ranah publik servis bertujuan agar bangsa Indonesia tetap bersatu, tidak pecah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

 

“Salam Pancasila adalah perbuatan adat yang jika diniati ibadah akan mendapatkan pahala,”pungkasnya. (R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.