Magetan. Babinsa Bogem Koramil Tipe B 0804/09 Sukomoro Koptu Ahmad Afandi bersama Babinkamtibmas mendampingi petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Magetan memeriksa kesehatan hewan ternak sapi warga, di Desa Bogem Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kamis (14/7/2022).

Koptu Ahmad Afandi menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus PMK pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi milik warga.

Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung dari petugas dari Dinas Peternakan, untuk hewan ternak sapi di Desa Bogem semuanya dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar warga tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ungkapnya.

Secara terpisah dalam keterangannya, Danramil 0804/09 Sukomoro Kapten Cba (K) Dyah Nilasari menyampaikan bahwa pihaknya akan terus bekerjasama dengan dinas peternakan, Polsek, Kecamatan, perangkat desa sampai tingkat RT untuk melakukan sosialisasi,  pengecekan dan pendataan  hewan ternak warga supaya dapat memetakan posisi kerawanan terpapar wabah PMK.

Kami juga menyampaikan kepada Babinsa untuk selalu mengimbau kepada warga jika hewan ternaknya mengalami sakit agar dipisahkan dengan hewan ternak lainnya. Hal itu dilakukan untuk penanganan dini virus PMK agar tidak menular ke hewan ternak lain.

“Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama Dinas Peternakan guna mencegah penyebaran virus PMK yang berdampak pada hewan ternak dan perekonomian warga”, jelas Danramil. (MC0804)

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.