Magetan. Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P menyampaikan apresiasi kepada Komunitas Budaya di Kabupaten Magetan dalam melestarikan adat istiadat dan budaya Jawa atas terselenggaranya kirap budaya yang bertajuk “Lampah Hastungkara Bumi Magetan”. Selasa malam (2/8/2022)

Kegiatan yang digelar di Pendopo Surya Graha Magetan tersebut merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah dipertemukan kembali dengan tahun baru. Agenda tersebut diselenggarakan dalam balutan budaya Jawa yang kental. Didalamnya terdapat acara doa yang dipanjatkan dengan kidung macapat serta kirab dan cuci (jamas) pusaka.

Dandim  0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P berharap agar agenda budaya ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahun karena giat semacam ini dapat mengenalkan budaya kepada masyarakat luas utamanya generasi muda, menurutnya, kegiatan ini dapat menjaga agar budaya tidak tercabut dari akarnya.

Saat ditemui awak media Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si mengatakan, Pusaka Hastungkara ini inisiatip dari kawan-kawan budayawan menyambut tahun baru jawa, ada perbedaan mendasar bagi orang barat dan orang Indonesia.

“Kalau orang barat itu tahun baru dengan suka cita, kalau di Indonesia di maknai dengan laku prihatin berdoa untuk memohon pada Tuhan, agar tahun depan di maknai dengan keberkahan,” kata Kang Woto pangilan Bupati Magetan. (MC 0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.