Magetan. Babinsa Koramil Tipe B 0804/13 Bendo Sertu Sri Suharno,menghadiri kegiatan Orientasi Sosialisasi Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi dengan Stiker P4K dan Kartu Gesture UPT Puskesmas Bendo yang dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Kleco Kec.Bendo Kab.Magetan. Sabtu (17/09/2022 )

Petugas kesehatan dari UPTD puskesmas Bendo Ibu Devi C Amd Keb. sbg Bidan di Desa Kleco mengatakan. Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) adalah kegiatan yang di fasilitasi oleh bidan dalam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas, termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.

Indikator keberhasilan yang dipahami bidan bahwa stiker harus terpasang di setiap rumah ibu hamil yang ada di wilayahnya. Bidan Desa melakukan aspek perencanaan persalinan cukup baik, serta melakukan koordinasi dan komunikasi melalui sosialisasi dan pertemuan rutin

Tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat, “pungkasnya

Sertu Sri Suharno mengatakan “saya selaku Babinsa harus selalu hadir dalam setiap kegiatan yang ada di Wilayah khususnya pendampingan puskesmas dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, “ucapnya”. (R 13)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.